Lakukan 7 Hal ini Agar Doamu Menjadi Mustajab

Para sahabat lembahilmu.com yang saya hormati, jika pada pembahasan yang lalu saya telah membahas mengenai penyebab-penyebab khusnul khotimah dan tanda-tandanya, maka pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan cara-cara yang harus kita lakukan agar doa kita segera dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Mungkin kita sering bertanya-tanya, “aku sudah sering berdoa, tapi kok belum dikabulkan juga yah?”, mau tau jawabannya ?.

Mungkin anda lupa dan lalai untuk mengerjakan tips-tips berikut, lakukanlah 7 tips berikut, insya Allah doa kalian akan segera dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Gak percaya ??

Silahkan dibuktikan sendiri…

1.Ikhlaskan doa hanya kepada Allah

ikhlas berdoa kepada Allah

youtube.com

 

Mungkin kita sudah sangat sering mendengar kata ikhlas, nah sekarang apa sih arti dari ikhlas dalam berdoa ?, singkatnya ikhlas dalam berdoa itu, kita hanya memanjatkan doa kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala semata, tidak berdoa kepada pohon, keris, batu, sapi, atau kepada manusia lainnya.

Intinya kita berdoa ( meminta ) hanya kepada Allah saja, bukan yang lain, itu maksud dari ikhlas dalam berdoa, dan itulah yang Allah perintahkan kepada kita jika memang kita ingin doa kita segera dikabulkan oleh Allah.

Allah Subhanahu wa ta’alla berfirman,

ادْعُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ

“ Maka sembahlah Allah dengan mengihklaskan ketaatan kepada-Nya.” (QS. Ghafir : 14).

Jadi ini hal pertama dan yang paling utama jika anda ingin doa anda segera dikabulkan oleh Allah, mudah kan ???.

2.Dengan suara lirih dan tidak dikeraskan melampau batas

fariqillah.net

www.tariqallah.net

Sahabatku, kebanyakan dari kita mungkin banyak yang lalai atau kurang perhatian dengan cara yang kedua ini, kebanyakan dari kita mengira jika kita berdoa dengan suara yang keras maka semakin lebih baik.

Jadi makin keras makin baik pula kualitas doa kita, padahal itu salah besar, sekarang kita ambil logikanya saja, bagaimana adab kita ketika meminta kepada orang tua kita ?, dengan suara yang keras atau lirih dan sopan ?

Tentu yang kedua lebih memungkinkan kita untuk mendapatkan apa yang kita inginkan dari orang tua kita.

Bisa dibayangkan jika kita meminta dengan berteriak, yah mungkin bukannya akan diberi tapi malah kita dicap sebagai anak yang “kurang ajar”.

Dan inilah yang diperintahkan Allah kepada kita, jika ingin berdoa dan meminta, lirihkan suara kita dan lembutkan kata-kata kita.

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman,

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ

Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (QS. Al-A’raf: 55)

3.Mengangkat kedua tangan

ukhtiindonesia.com

ukhtiindonesia.com

Sobat…

Jangan lupa ketika berdoa, angkatlah kedua tangan kita, karena Allah itu Maha Pemalu.

Allah malu jika ada seorang hamba yang berdoa dengan mengangkat kedua tangannya, tetapi Allah tidak mengabulkannya, jadi jangan lupa angkat kedua tangan yah.

Berikut keterangan hadisnya :

Dari Salman radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Tuhan kalian itu Malu dan Maha Memberi. Dia malu kepada hamba-Nya ketika mereka mengangkat tangan kepada-Nya kemudian hambanya kembali dengan tangan kosong (tidak dikabulkan).” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi dan beliau hasankan)

Cara mengangkat tangan:

Ibnu Abbas radhiallahu’anhu mengatakan, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berdoa, beliau menggabungkan kedua telapak tangannya dan mengangkatnya setinggi wajahnya (wajah menghadap telapak tangan). (HR. Thabrani).

4.Harus yakin bahwasannya doa kita pasti akan dikabulkan Allah

pixabay.com

pixabay.com

Point ke-4 ini rasanya banyak dari kita yang belum melaksanakannya, ketika kita berdoa, yah biasanya tidak disertai keyakinan bahwa doa kita akan dikabulkan.

Inilah sumber penyakit yang membuat doa kita tak kunjung dikabulkan Allah, bagaimana mau dikabulkan, jika hati kita saja tidak yakin bahwa doa kita akan dikabulkan.

Oleh karena itu, sahabatku lembahilmu.com yang saya hormati, yakinkanlah hati anda ketika sedang berdoa.

Misal anda meminta agar diberi istri yang cantik ( hem hem.. ) atau anda meminta agar diberi suami yang sholih, nah ketika berdoa, mantapkanlah hati anda, maka insya Allah doa anda akan Allah kabulkan.

Ingat yang membuat doa anda tidak dikabulkan adalah keraguan diri anda sendiri, yakinlah, maka Allah akan kabulkan segera.

Berikut cuplikan hadisnya:

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ادعوا الله وأنتم موقنون بالإجابة واعلموا أن الله لا يستجيب دعاء من قلب غافل لاه

Berdoalah kepada Allah dengan kalian yakin akan dikabulkan. Ketahuilah, sesungguhnya Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai, dan lengah (dengan doanya).” (HR. Tirmidzi).

5.Memilih waktu yang mustajab ketika berdoa

pixabay.com

pixabay.com

Mau doa kita lebih besar kesempatannya dikabulkan Allah ??

Lakukan 4 hal diatas tadi dan jangan lupa terapkan point ke 5 ini

Pilihlah waktu-waktu mustajab ketika kita hendak berdoa, berikut saya tampilkan waktu-waktu mustajab yang bisa kita gunakan dalam berdoa ( tentunya berdasarkan dalil-dalil yang shohih dalam Al Quran maupun Hadis, namun tidak saya cantumkan untuk meringkas tulisan, karena saya tahu dan paham bahwa anda mulai jenuh membaca artikel ini, hehe ) :

  1. Malam lailatul qodr
  2. Sepertiga malam terakhir
  3. Akhir sholat fardhu
  4. Antara azan dan iqomat
  5. Ketika turun hujan
  6. Ketika perang
  7. sesaat waktu di hari jum’at
  8. Ketika meminum air zam-zam
  9. Ketika sujud waktu sholat
  10. Doa yang dipanjatkan beriringan dengan wafatnya seseorang
  11. Doa setelah memuji Allah dan bersalawat kepada Nabi
  12. Doa pada hari Arofah
  13. Berdoa di bulan ramadhan
  14. Doa ketika berada di majlis dzikir
  15. Berdoa setelah mendapatkan musibah
  16. Berdoa ketika sedang melakukan safar
  17. Berdoa ketika hendak berbuka puasa
  18. Berdoa ketika sedang sangat terdesak
  19. Hindari makanan dan harta yang haram

 

6.Meninggalkan makanan, minuman dan harta yang haram

pixabay.com

pixabay.com

Sobat, ketika kita telah melakukan 5 tips diatas, jangan lupa untuk memperhatikan point ke 6 ini, yaitu hendaknya kita menjauhkan diri kita dari harta-harta yang haram

Karena apa ???

Karena harta yang haram itu bisa membuat doa kita ditolak oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala

Berikut hadisnya ;

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّبًا وَإِنَّ اللَّهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِينَ فَقَالَ ( يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّى بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ) وَقَالَ (يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ) ». ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ يَا رَبِّ يَا رَبِّ وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِىَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لِذَلِكَ

Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu thoyib (baik). Dia tidak akan menerima sesuatu melainkan yang baik pula. Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin seperti yang diperintahkan-Nya kepada para Rasul. Firman-Nya, ‘Wahai para Rasul! Makanlah makanan yang baik-baik (halal) dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan’. Dan Allah juga berfirman, ‘Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah rezeki yang baik-baik yang telah kami rezekikan kepadamu’. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan tentang seroang laki-laki yang telah lama berjalan karena jauhnya jarak yang ditempuhnya. Sehingga rambutnya kusut, masai dan berdebu. Orang itu mengangkat tangannya ke langit seraya berdo’a, ‘Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku’. Padahal, makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram dan diberi makan dengan makanan yang haram, maka bagaimanakah Allah akan mengabulkan do’anya?” (HR. Muslim).

Jadi perlu diingat yah, agar doa yang kita panjatkan tidak sia-sia, jangan lupa segera tinggalkan harta-harta yang haram.

Jika kita sudah terlanjur menggunakan harta yang haram, maka segeralah bertaubat dan tinggalkan harta tersebut, maka insya Allah doa kita akan segera terkabulkan.

7.Tidak tergesa-gesa ketika berdoa

pixabay.com

pixabay.com

Sobat…

Ketika anda telah melaksanakan keenam hal diatas, maka lakukanlah tips ke 7 ini dengan seksama, karena point ke 7 ini merupakan kunci agar doa kita dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Berikut penjelasannya ;

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يُسْتَجَابُ لأَحَدِكُمْ مَا لَمْ يَعْجَلْ يَقُولُ دَعَوْتُ فَلَمْ يُسْتَجَبْ لِى

Akan dikabulkan (doa) kalian selama tidak tergesa-gesa. Dia mengatakan, ‘Saya telah berdoa, namun belum saja dikabulkan‘.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Demikian 7 tips yang bisa anda lakukan agar doa anda bisa segera dikabulkan oleh Allah, semoga bermanfaat.

Penulis : Adams Aljawiyu.

Leave a Reply