Cari Genset

Genset merupakan sebuah alat yang telah menjadi kebutuhan yang bisa dibilang adalah primer bagi setiap perusahaan, pabrik-pabrik, dan tempat-tempat komersial lainnya.

Karena memang fungsi utama genset sebagai penyedia listrik disaat-saat darurat, maka banyak dari setiap instasi, pabrik, UKM, atau bahkan setiap keluarga.

Berikut akan saya paparkan serba-serbi genset, dari pengertian, sejarah, jenis, manfaat, dan tips memilih genset yang baik.


A. Pengertian Genset


www.atlantagenset.com

www.atlantagenset.com

Genset berasal dari kata “generator” dan “Set”, yang mana masing-masing kata bermakna;
“Generator” berarti pembangkit listrik dan “Set” artinya satu set.Sehingga jika digabungkan genset bermakna alat yang memproduksi energi listrik dari sumber mekanik yang biasanya berupa induksi elektromagnetik.

Genset disebut sebagai satu set peralatan gabungan karena terdiri dari dua gabungan perangkat yang berbeda, yaitu engine dan generator.Fungsi engine adalah sebagai perangkat pemutar sedangkan fungsi generator adalah sebagai perangkat pembangkit listrik.

Berdasarkan teknik pembuatannya, engine difungsikan sebagai aloat pemutar rotor pada generator sehingga akan menghasilkan medan magnet di dalam kumparan strator generator.

Setelah itu akan terjadi interaksi yang akan saling terjadi antara stator dengan rotor sehingga terjadilah arus listrik.
Berdasarkan sitem kerja yang terjadi pada genset untuk menghasilkan energi listrik, maka genset tergolong ke dalam mesin yang bersistem pembakaran, yang mana mesin bensin atau diesel akan mengubah energi bahan bakar menjadi energi mekanik, kemudian energi mekanik tersebut akan dirubah oleh generator menjadi daya listrik.

Berdasarkan sistem kerja arus listriknya, generator dibagi menjadi 2 jenis;

  1. Generator AC ( generator yang berfungsi menghasilkan arus bolak-balik).
  2. Generator DC ( generator yang berfungsi menghasilkan arus searah).

Generator AC dan DC memiliki kesamaan sebagai berikut:

  1. Sama-sama menghasilkan listrik dari induksi elektromagnetik.
  2. pada hakekatnya sama-sama menghasilkan arus listrik bolak-balik.

Adapun perbedaan generator AC dan DC adalah sebagai berikut:

  1. Generator DC hanya menggunakan sebuah split ring (cincin belah) atau komulator.
  2. Sedangkan generator AC menggunakan 2 split ring (cincin belah) untuk menghasilkan arus bolak-balik.

B. Sejarah dan Asal-Usul Genset


www.ppscom.com

www.ppscom.com

Penemuan mesin genset tidak bisa lepas dari sebuah penemuan yang dilakukan oleh Michael Faraday dalam penemuannya dalam perbedaan potensial yang dihasilkan oleh ujung-ujung konduktor listrik yang bergerak yang bergerak tegak listrik yang bergerak tegak lurus terhadapat medang magnet.

Beliau menciptakan sebuahy generator elektromagnetik berdasarkan sistem cakram tembaga yang berputar diantara kutub magnet. Akan tetapi “Cakram Faraday” ternyata dianggap tidak efisien, hal ini disebabkan arus listrik yang arahnya berlawanan di bagian cakram tidak terkena arus listrik

Oleh karena itu, pada tahun 1832 seorang ilmuan yang bernama Hippolyte Pixxii dan seorang pembuat peralatan dari Perancis membuat sebuah dinamo pertama yang di dasari oleh prinsip Faraday. Alat ini menggunakan sebuah magnet permanen yang diputar oleh sebuah “crank”.

Magnet yang berputar ini diletakaan sedemikian rupa sehingga kutub utara dan kutub selatan magnet tersebut melewati bongkahan besi yang dibungkus oleh kawat.

Pixii menemukan bahwa magnet yang berputar, memproduksi sebuah pulsa arus di kawat setiap kali sebuah kutub melewati kumparan. Lebih jauh lagi, ternyata kutub utara dan selatan magnet menginduksi arus di arah yang saling berlawanan.

Dengan menambah sebuah komutator, Pixii dapat mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah.
Dan komutator inilah yang menjadi bahan dasar dari pembuatan genset yang ada pada jaman ini.


C. Jenis-Jenis Genset


www.instrumentlistrik.com

www.instrumentlistrik.com

Berdasrkan bahan bakar yang menjadi sumber tenaganya, genset dibagi menjadi 5 macam;

  1. Genset Diesel- Genset model ini adalah yang paling populer di kalangan masyarakat, mesin ini merupakan perpaduan antara pembakaran diesel dengan generator listrik.
    Untuk kapasitas output sangatlah bervariasi mulai dari 5 Kw atau 5000 watt sampai dengan 2MV atau 2.000.000 Watt.
    Kelebihan yang dimiliki genset diesel adalah sebagai berikut:
    * Merupakan genset rumah tangga yang bisa digunakan sebagai pemasok listrik non industri.
    * Dapat bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan genset dengan tipe yang lain, hal yang demikian dikarenakan genset diesel memiliki cadangan tenaga ekstra dibandingkan genset dengan tipe yang lain.
    * Memiliki torsi, yaitu sebuah pemasok listrik cadangan yang berfungsi menjalankan generator dalam keadaan darurat.
    * Tidak membutuhkan banyak perawatan, mesin genset diesel merupakan mesin kompresi yang mana tidak memerlukan banyak perawatan untuk menjaga kualitasnya.
    Adapun kekurangan genset diesel adalah sebagai berikut :
    * Memiliki suara yang bising.
    * Mesin yang besar dan berat, sehingga sangat sulit untuk dibawa dan diangkut.
    * Semakin besar daya yang diinginkan maka akan ukuran genset juga akan semakin besar.
    * Bahan bakar dengan menggunakan minyak relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan bahan bakar lainnya.
  2. Genset Portable- Genset ini biasa digunakan untuk outdoor, seperti konser-konser musik, pengajian besar dan acara-acara perkemahan.
    Kelebihan-kelebihan yang dimiliki genset portable adalah sebagai berikut;
    * Ringan dan mudah dipindah kemana saja.
    * Tidak bisning saat digunakan.
    * mudah untuk didisi ulang.
    * Tidak memerlukan ruang penyimpanan yang besar.
    * Ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan polusi asap.
  3. Genset Solar- Genset jenis ini biasanya digunakan sebagai tenaga tambahan bagi tempat-tempat komersial, seperti konser musik, pameran, pengajian besar dan biasa digunakan dalam sistem AC.
  4. Genset Gas- Genset gas menggunakan gas sebagai bahan dasar pembakarannya, baik berupa LPG atau CNG, genset ini sudah mulai populer dikalangan masyarakat, khususnya digunakan pada keperluan rumah tangga.
  5. Genset Urine- Sesuai dengan namanya, genset ini menggunakan urine sebagai bahan bakarnya, genset ini merupakan penemuan 4 orang pelajar asal Afrika.

D. Manfaat dan Fungsi Genset


karyaanugerahdiesel.com

karyaanugerahdiesel.com

Genset yang memiliki fungsi sebagai cadangan tenaga listrik memiliki beberapa manfaat yang sangat kompleks di dalam kehidupan manusia, diantaranya:

  1. Menjaga stabilitas perkembangan ekonomi suatu perusahaan
  2. Sebagai penyupali kebutuhan rumah tangga.

E. Tips Memilih Genset yang Bagus dan Berkualitas


cara-atasi.blogspot.com

cara-atasi.blogspot.com

Ketika anda akan memilih genset yang berkualitas maka anda harus tahu apa saja yang perlu memperhatikan hal-hal berikut ini :

  1. Membeli Genset Sesuai dengan Daya yang Dibutuhkan
    Jika anda akan membeli genset untuk rumah atau perusahaan, maka anda harus menyesuaikan daya genset dengan daya yang anda butuhkan, jangan lupa untuk melebihkan daya genset sebanyak 10% dari daya yang anda butuhkan, agar keadaan listrik yang anda butuhkan tetap terpenuhi dengan aman.
  2. Garansi
    Jangan lupa untuk membeli genset dari sebuah perusahaan atau supplier yang memberikan anda jaminan garansi, dengan minimal garansi 1 tahun.
  3. Memilih Tipe Genset yang Sesuai dengan Tempat
    Jika anda akan menggunakan genset di tempat yang terbuka dan ramai maka anda bisa memilih genset dengan tipe silent, adapun jika anda akan menggunakannya di tempat tertutup, maka anda bisa menggunakan open.
  4. Memilih Genset dengan Layanan Vendor
    Jangan lupa jika anda akan membeli sebuah genset, jangan lupa untuk memilih vendor yang baik dan mau melayani anda, karena ada banyak sekali vendor yang biasanya cuek dan tidak peduli dengan keluhan para konsumen jika mereka telah berhasil menjual barang mereka.
  5. Harus adanya Layanan Sparepart dari Penjual
  6. Harus adanya Layanan Service dari Penjual
  7. Harga Genset yang Bersaing dengan Kualitas Terjamin

Bagi anda yang berminat utuk memesan genset silahkan hubungi CP kami:

Dani 0857 3585 1739 atau

Mandala 0853 2545 8882

Terima kasih.

Leave a Reply