Mengerikan, Berikut 10 Gambaran Azab Neraka Jahanam yang Jarang Kita Ketahui

Gambaran Neraka Jahanam– Neraka adalah tempat paling mengerikan yang akan dihuni oleh orang-orang yang telah melakukan banyak dosa. Lawan dari neraka adalah surga, jika di surga terdapat kebahagiaan yang tak terkira, ternyata di neraka inilah tempat dilakukan nya penyiksaan sebagai tebusan atau hukuman yang paling menyiksa bagi orang-orang yang berdosa.

Neraka sendiri saat ini lebih dikenal dengan gambaran api, padahal neraka sebenarnya tidak hanya api saja, misalnya saja neraka well yang merupakan tempat paling dingin, bahkan es yang ada di dunia tidak ada apa-apa nya dibanding dingin nya neraka well.

Neraka memiliki 7 tingkatan, dan setiap tingkatan tersebut memiliki tingkat penyiksaan yang berbeda, jadi semakin tinggi tingkatan nya, maka semakin dahsyat pula siksaan nya. Semua dikelompokkan berdasarkan dosa yang dimiliki oleh manusia itu sendiri. Neraka jahanaam adalah salah satu neraka yang paling banyak dihuni oleh orang yang memiliki dosa paling besar.

Firman Allah SWT, “Kepada mereka ditampakkan neraka pada saat pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat”. (QS. Ghafir: 46)

Sebenarnya ketika hari kematian datang, seorang tersebut di tampakkan tempat tinggal nya pada pagi dan sore nya. Bila dia termasuk ke dalam orang penghuni surge, maka ia akan ditampakkan surga, sedangkan jika ia adalah calon penghuni neraka, maka ia akan ditampakkan neraka.

Dijelaskan bahwa Allah SWT menciptakan neraka jahannam melalui beberapa proses, yang pertama adalah Allah menyalakan neraka jahannam selama 1000 tahun sehingga warna nya merah, setelah itu dibakar lagi selama 1000 tahun dan menjadi putih, lalu 1000 tahun lagi hingga menjadi hitam, lalu menjadi hitam gelap, dan tidak pernah pada nyala serta bara api neraka jahannam tersebut.

Andaikan allah membuka neraka jahannam sebesar lubang jarum saja, niscaya semua penduduk yang ada di bumi akan terbakar hangus. Andaikan satu baju ahli neraka yang digantung antara langit dan bumi, tentu saja penduduk bumi akan mati karena panas dan basinya. Andaikan seorang yang ada di ujung barat disiksa, niscaya orang-orang yang ada di ujung timur juga akan terbakar karena panas nya.

Banyak sekali azab yang diberikan kepada para penghuni neraka jahannam, azab tersebut akan diterima oleh orang-orang yang banyak melakukan dosa karena tidak patuh akan perintah Allah SWT. Berikut ini adalah gambaran neraka yang sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Hadist:


1. Azab Paling Ringan


Dikatama.com

Dikatama.com

Dari Nu’man Bin Basyir ra, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “ sesungguhnya siksaan paling ringan bagi ahli neraka ketika hari kiamat adalah seseorang yang di bawah kedua telapak kakinya diberi dua bara api neraka sehingga otak yang ada di dalam kepala nya mendidih”. [Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim].

Jadi paling ringan nya siksaan di neraka untuk orang-orang yang menghuninya saja adalah 2 bara api yang bisa mendidihkan otak manusia, lalu bagaimana dengan siksaan orang-orang yang melakukan tindakan keji dan mungkar? Tentu saja akan melebihi dari itu semua. Jadi sebaiknya kita bertaubat mulai saat ini agar Allah memberikan surga nya kepada kita.


2. Azab Peminum Khamar


kaltim.tribunnews.com

kaltim.tribunnews.com

Azab bagi para peminum khamar adalah Allah akan memberikan nya minuman dari sungai Ghuthah. Apakah sungai Ghuthah itu? Sungai tersebut adalah sungai yang air nya mengalir dari kemaluan para pelacur, tentu saja bau dari air tersebut sangat menyengat.

Itu adalah siksaan bagi para peminum khamar, lalu bagaimana dengan dosan lain yang juga dilakukan? Apakah anda ingin mendapatkan siksaan yang berlipat ganda? Karena setiap dosa akan dihitung semua nya.

Minum khamar tidak hanya membawa dampak buruk di neraka saja, tetapi dampak buruk ketika di dunia juga akan anda dapatkan. Orang yang meminum khamar akan terganggu pergangguan otak nya sehingga tidak bisa berpikir dengan baik.

Ada sebuah cerita yang menyebutkan bahwa seorang melakukan banyak dosa hanya karena sebuah khamar yang merusak pemikiran, jadi ketika orang tersebut minum dan mabuk, ternyata ia mampu melakukan zina, setelah itu ia membunuh orang karena takut ketahuan telah berzina.

Jadi hanya karena khamar, ternyata semua dosa besar bisa dilakukan dengan mudahnya. Karena itulah menjauhi khamar adalah jalan yang paling baik agar bisa berpikir dengan baik sebelum melakukan suatu hal.


3. Azab Wanita yang Tidak Mau Menyusui Anaknya


gambar-animasiku.blogspot.co.id

gambar-animasiku.blogspot.co.id

Sesuai dengan hadist Rasulullah SAW bahwa sesungguhnya azab bagi para wanita yang tidak mau menyusui anak nya adalah putting susu nya akan digigit oleh ular.

Dan satu gigitan ular tersebut akan menyebabkan panas demam selama 40 musim. Bahkan rasulullah juga menyebutkan bahwa gigitan kala jengking yang ada di neraka juga akan membuat panas demam selama 40 musim.


4. Azab Bagi Para Pezina


ceramah.xyz

ceramah.xyz

Azab bagi para pezina laki-laki dan perempuan yang ada di neraka menurut sabda Nabi Muhammad SAW adalah mereka memiliki tubuh yang besar dan buruk untuk dipandang. Kemudian keluar juga bau busuk dari tubuhnya yang bau seperti tempat pembuangan sampah.


5. Azab Bagi Orang Yang Berbuka Sebelum Waktunya di Bulan Ramadhan


segiempat.com

segiempat.com

Menurut Nabi Muhammad SAW azab bagi orang yang berbuka di bulan puasa sebelum waktunya berbuka adalah mereka akan digantung dengan posisi kaki mereka di atas, dan mulutnya robek-robek sehingga darah akan mengalir dengan sangat deras dari mulutnya.


6. Azab Orang Kafir


sediqbale.blogspot.co.id

sediqbale.blogspot.co.id

Hukuman bagi orang kafir yang ekstrim dalam kekafiran nya, suka berbuat bencana dimuka bumi, dan mengajak orang lain pada kekafiran tidaklah sama dengan orang kafir yang tidak melakukan hal-hal sedemikian itu. Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya tebal kulit orang kafir yang ada di neraka adalah 42 hasta ukuran orang kuat yang berukuran besar. Besarnya gigi seperti gunung uhud, dan tempat duduknya ada di jahannam seluas Makkah dan Madinah.

Allah SWT juga berfirman dalam Surat An-Nisa ayat ke 56 yang berbunyi: “ sesungguhnya orang-orang yang kafir pada ayat-ayat Allah, akan dimasukkan mereka ke dalam neraka. Ketika kulit mereka hangus, maka kulit tersebut akan diganti dengan kulit yang lain agar mereka merasakan azab paling pedih. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”.


7. Azab Orang Mati Bunuh Diri


sediqbale.blogspot.co.id

sediqbale.blogspot.co.id

Ternyata orang yang mati bunuh diri juga diberi azab oleh Allah dan dimasukkan ke dalam Neraka karena diberi kehidupan tetapi mereka justru memilih untuk mati di tangan nya sendiri.


8. Orang yang Paling Mengerikan Azabnya


mampirdisinigan.blogspot.co.id

mampirdisinigan.blogspot.co.id

Orang yang paling mengerikan azabnya adalah orang-orang yang menggambar makhluk hidup yang bernyawa. Orang yang membuat berhala juga mendapatkan azab atau siksaan yang paling mengerikan.

Selain itu orang-orang yang membunuh nabi atau dibunuh nabi, hingga orang yang paling bengis ketika menyiksa orang lain ketika di dunia. Itulah orang yang akan mendapatkan neraka jahannam serta siksaan paling mengerikan di neraka.


9. Azab Bagi Orang Yang Ucapan Tidak Sesuai Dengan Perbuatan


citizen6.liputan6.com

citizen6.liputan6.com

Orang-orang yang menyuruh kepada kebaikan tetapi tidak mengamalkan nya juga akan dimasukkan ke dalam neraka, lidah mereka akan di potong karena telah mengucapkan apa yang tidak mereka lakukan dan membaca kitab Allah tetapi tidak mengamalkan nya. Sungguh azab yang pedih sehingga marilah kita bertaubat mulai dari sekarang.


10. Azab Pemilik Harta yang Tidak Menunaikan Zakatnya


satujam.com

satujam.com

Dalam Shahih Al-Bukhari terdapat riwayat dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, sabda Rasulullah SAW. “Pemilik Harta yang tidak menunaikan zakatnya, di depan nya akan di perlihatkan dihadapan nya wujud seekor ular botak, ular tersebut memiliki 2 titik hitam di atas matanya.

Dia mematuk pangkal dagu orang kaya tersebut dan berkata, “Akulah hartamu dan akulah simpananmu”. [HR. Al-Bukhari].

Dalam riwayat lain juga diceritakan bahwa orang tersebut lari menghindari nya, tetapi ular tersebut mengejarnya. Lalu ia berlindung darinya, tetapi ular tersebut mematuk tangan dan melilitnya.

Jadi 10 Gambaran Azab Neraka Jahanam yang Sangat Mengerikan di atas sangat mengerikan dan semoga membuka mata hati kita agar terus berada di jalan yang Allah ridhoi. Bagaimana cara agar bisa menjadi orang yang lebih baik?

Simak ulasan nya berikut ini:
• Hati memang terus berubah, untuk terus berada di jalan nya haruslah kita mendekat dengan orang-orang yang juga berada di jalan yang benar. Biasanya lingkungan juga sangat mempengaruhi, sehingga bertemanlah dengan orang-orang yang baik agar kita tidak terjerumus pada hal yang buruk.

• Menjaga sholat 5 waktu, dan jangan lupa juga untuk menunaikan sholat sunnah dan lain nya agar kita terhindar dari hal-hal buruk yang merusak hati. Untuk menjadi orang yang baik, hal utama yang harus dilakukan adalah menjaga sholat 5 waktu terlebih dahulu.

• Menunaikan Zakat, shodaqoh, dan puasa juga merupakan jalan utama untuk selalu berada di jalan yang Allah ridhoi. Biasanya orang akan melalaikan hal-hal sepele, tetapi ketika dosa kecil tersebut dilakukan secara terus menerus, bukan tidak mungkin jika dosa tersebut akan menumpuk dan menumpuk sehingga menjadi banyak.

• Istiqomah adalah cara yang tepat untuk menjadi orang yang baik, dengan sikap konsisten kita akan bisa menjalani segala perintah dan menjauhi segala larangan Allah dengan lebih mudah. kita akan menjadi lebih fokus ketika melakukan sesuatu agar tidak melanggar perintah agama.

• Yang terpenting adalah tidak melakukan hal-hal yang telah digambarkan 10 gambaran neraka di atas, meskipun kita sudah merasa menjadi orang yang baik, tanpa ridho Allah SWT kita bukanlah orang yang baik. Manusia tidak bisa menilai baik dan buruk diri sendiri, karena itulah terus meminta hidayah kepada Allah agar kita di jaga dari hal yang buruk.

Itulah 10 Gambaran Azab Neraka Jahanam yang Sangat Mengerikan dan membuat orang akan sangat menyesal atas apa perbuatan yang telah dilakukan sebelumnya di dunia. Sebenarnya perbuatan yang baik akan memberikan dampak yang baik, dan perbuatan buruk juga akan membawa kepada keburukan.

Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua, dan kita dijadikan orang-orang ahli surga oleh Allah SWT. Terima kasih.

No Responses

  1. Pingback: 7 Nama Neraka dan Seperti Apakah Azab di Dalamnya? - IDNews.co.id April 21, 2017

Leave a Reply