ciri-ciri-hutan-hujan-tropis

Bila dibanding dengan type rimba lain di dunia, rimba hujan tropis mempunyai keanekaragaman type flora serta fauna yang relatif paling tinggi di dunia. Keanekaragaman pohon dengan diameter kian lebih 10 cm bisa meraih kian lebih 100 type/ha. Satu diantara flora yang hidup di Kalimantan Tengah yaitu kelakai (Stenochiaena palustris). Dengan ciri system kehidupan di dalamnya dibanding dengan system kehidupan yang lain dengan cara alami rimba hujan tropis adalah ekosistem rimba yang paling stabil di dunia. Keanekaragaman type yang hidup dihutan hujan tropis ini begitu tinggi. Fauna rimba hujan tropis tempati semuanya susunan judul. Umumnya hewan yang hidup adalah hewan nokturnal (hewan yang aktif saat malam hari) serta arboreal (hewan yang hidup dipohon).

Rimba hujan tropis mempunyai manfaat yang vital untuk kelangsungan hidup semuanya makhluk yang ada di bumi, dalam soal iklim dunia. Rimba hujan tropis begitu menolong sekali dalam soal menyetabilkan iklim dunia lewat cara menyerap karbon dioksida yang ada diatmosfer, hingga kurangi juga dalam soal dampak tempat tinggal kaca. Rimba hujan tropis juga adalah tempat tinggal atau habitat untuk kelangsungan hidup untuk makhluk hidup yang tinggal didalamnya, termasuk juga flora serta fauna yang terancam punah kelangsungan hidupnya. Ketika banyak pihak yg tidak bertanggungjawab lakukan penebangan rimba dengan cara liar (ilegal logging), hal semacam ini bisa menyebabkan kepunahan beragam spesies yang hidup.

Terkecuali beberapa fungsi itu ada juga manfaat yang begitu vital, yakni sebagai satu system peredaran hidrologi untuk bumi. hal semacam ini melukiskan pergerakkan yang berkepanjangan dari air di bawah, dipermukaan, serta di atas bumi. Jadi tak heran bila rimba hujan tropis yang masihlah “perawan” mempunyai sungai-sungai yang lebar dan panjang.

Leave a Reply