pengertian-kanopi

Kanopi apabila diliat dalam artian menurut Kamus Besar Bhs Indonesia bermakna gorden atau langit-langit dari terpal, kain, logam, dll pada teras ada — bertiang sebagai pemisah halaman dengan sisi dalam tempat tinggal.

Dalam dunia biologi, arti kanopi bahkan juga begitu di kenal untuk siapa saja yang miliki hoby keluar masuk rimba. Di rimba hujan tropis, umumnya kehidupan tumbuhan serta hewan tak diketemukan di permukaan tanah (forest floor), namun dapat diketemukan pada dunia dedaunan yang di kenal dengan nama kanopi. Kanopi yang dapat ada pada ketinggian 100 kaki (30 mtr.) dari atas tanah terbentuk oleh cabang-cabang serta deedaunan pohon-pohon rimba yang sama-sama tumpang tindih. Kanopi ini jugalah yang bikin sinar matahari susah menembus rimba hujan tropis, yang senantiasa terbangun kelembabannya.

Pada abat pertengahan juga, kata canope (Perancis) serta canopeum (Latin) erat hubungannya dengan tempat tidur bertiang empat dengan gorden atau kain yang menutupi sisi atas dan samping. Terkecuali berperan untuk berikan kehangatan, sebagian gorden ini dapat bermanfaat untuk melindungi dari angin, membuat perlindungan dari benda yang jatuh dari atas, bahkan juga berperan untuk memberi privacy untuk pemakainya.

Nah, dengan sebagian pengertian itu, jelaslah kalau arti kanopi yang dipakai dalam arsitektur sekarang ini adalah semacam atap membuat perlindungan sisi luar tempat tinggal dari panas matahari serta terpaan hujan. Kanopi dalam perubahannya saat ini ramai dipakai di bagian garasi mobil serta balkon tempat tinggal, kantor serta bangunan yang lain.

Hadirnya kanopi terkecuali untuk manfaat membuat perlindungan, juga jadi sisi tidak terpisahkan dari keindahan design satu bangunan. Saat ini bermacam jenis serta type kanopi telah dapat diketemukan. Bahan pembuat kanopi juga mulai beragam, hingga gampang diambil sesuai sama selera serta keperluan seperti bahan genting, bahan sirap (kayu), vinil, polycarbonate, kain, plastik, dak beton, seng, serta fiber semen.

Leave a Reply