15 Jenis-jenis Kopi Berkualitas yang Membuat Lidah Anda Ketagihan

Jenis-jenis Kopi – Apakah anda penggemar kopi?

Jika anda merupakan penggemar kopi sejati sudah pastinya anda paham dan mengerti mengenai jenis-jenis kopi terkenal yang ada di dunia ini. Baik itu kopi luwak, torabika, arabik, green coffee, maupun jenis kopi lainnya.

Berikut kami akan paparkan setidaknya 15 jenis kopi terkenal yang ada di dunia, berikut penjelasannya secara ringkas :


1. Kopi Luwak


dailycoffeenews.com

dailycoffeenews.com

Ini nih kopi yang dijagokan sebagai kopi yang paling enak. Kopi luwak adalah kopi yang dihasilkan dari mengkonsumsi biji kopi oleh hewan luwak yang mana kopi itu bakal terbuang berbarengan dengan ampas kotoran hewan tersebut. Kopi ini populer dengan mutunya lantaran hewan luwak ini tidak mau konsumsi kopi yang tidak masak.

Kajian tentang kopi Indonesia akan tidak komplit tanpa ada Kopi Luwak. Kopi Luwak adalah type kopi termahal serta adalah satu diantara type kopi yang produksinya paling aneh. Kopi ini adalah hasil dari biji kopi yang dikonsumsi binatang Luwak (tergambar diatas) serta tak tercerna biji kopinya.

System pencernaan Luwak menyerap getah-getahdari biji kopi serta memfermentasinya bikin kopi Luwak mempunyai rasa yang eksotis, nyaris seperti sirup serta begitu lembut dengan aroma karamel serta kakao. Rasa-rasanya tak tertandingi. Asal-usul kopi ini menurut narasi rakyat sangat unik. Saat Zaman Penjajahan Belanda beberapa petani dilarang mencicipi biji kopi dari perkebunan yang mereka garap.

Lantaran menginginkan coba minuman kopi itu mereka lalu satu hari tahu kalau hewan Luwak mengonsumsi buah kopi serta dari pencernaanya buang biji kopi dengan cara utuh. Beberapa petani mengambil biji kopi itu serta merebusnya. Lantaran rasa-rasanya yang begitu eksotis kopi luwak lalu menebar kemana saja. Kopi Luwak adalah seduhan kopi yang datang dari biji kopi yang di ambil dari bekas kotoran luwak atau musang kelapa.

Biji kopi Luwak ini mempunyai rasa yang tidak sama sesudah dikonsumsi serta melalui saluran pencernaan luwak tadi. Kopi Luwak sudah di kenal mulai sejak th. 1980-an, biji kopi ini yaitu termahal di dunia dengan harga $ 100 per 450 gr!

Anda ingin nikmati kopi ini dengan penyajian tradisional? Penyajian ini dengan menyimpan Kopi Luwak ke cangkir, menyeduh dengan air panas (tidaklah terlalu panas) sampai ketinggan air 2 cm dari permukaan kopi, bisa ditambahkan gula sebagai pemanis.

Bekas dari air panas tadi dipanaskan lagi sampai betul-betul panas serta mendidih, tuang air panas ini ke gelas tadi sampai ke leher gelas, serta tutuplah gelas itu lalu diaduk rata.
Sesudah didiamkan 4-5 menit, kopi siap disajikan.


2. Kopi Toraja


www.tokopedia.com

www.tokopedia.com

Kopi type Arabika ini tumbuh di dataran tinggi Toraja, Sulawesi Selatan. Kopi Toraja adalah kopi yang beberapa besar datang dari Tana Toraja di sekitaran daerah Kalosi. Kopi ini begitu populer. Kopi toraja yaitu kopi yang mempunyai kandungan asam rendah serta mempunyai tubuh yang berat.

Kopi Sulawesi serta kopi Sumatera mempunyai rasa khas yang sama, seperti rasa tanah serta rimba. Rasa itu nampak lantaran dipengaruhi pemrosesan sesudah biji kopi dipetik. Kopi Toraja sekarang ini telah dipatenkan di Jepang serta AS oleh entrepreneur lokal hingga penjualan kopi Toraja di ke-2 negara itu mesti lewat ke-2 perusahaan itu.

Umumnya kopi ini dihidangkan jadi kopi tubruk serta kopi susu. Kopi Toraja datang dari dataran tinggi Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Kopi ini populer dengan kelezatan, cita rasa yang mengagumkan unik. Ada dua type Kopi Toraja yakni Kopi. Toraja Robusta serta Kopi Toraja Arabika.

Ke-2 type kopi ini mempunyai kandungan asam yang cukup rendah, ketidaksamaan ke-2 type ini ada pada kandungan cafein yang terdapat pada semasing type kopi ini. Kopi Toraja mempunyai ciri khas yang tidak sama dengan type kopi yang lain dipasaran.

Kopi ini mempunyai rasa yang unik serta khas, ada unsur rasa tanah pada kopi ini. Sensasi rasa pahit segera hilang sebentar saat diminum pertama kalinya, hingga tak meninggalkan rasa pahit. Untuk nikmati sensasi kopi ini, anjuran penyajian dengan memakai kopi tubruk.


3. Kopi Lanang


www.kopilanangperkasa.com

www.kopilanangperkasa.com

Kopi Lanang datang dari Bayuwangi, Jawa Timur, bisa tumbuh di suhu 20-30 C pada ketinggian 1800 mdpl. Diberi nama Kopi Lanang lantaran bentuk biji kopi yang tunggal, bulat serta tak berbelah seperti biji kopi umumnnya.
Kopi lanang bukanlah adalah satu type biji kopi spesial tetapi adalah sebuta untuk biji kopi yang bulat serta tunggal tak terbelah seperti biji kopi pada umumnnya.

Sesuai sama namanya (lanang adalah bhs jawa untuk pria), kopi ini dipercaya bisa memberi vitalitas beberapa jejaka. Kopi ini umumnya di produksi di Jawa Timur. Untuk penikmati kopi, begitu pas konsumsi kopi lanang ini lantaran kandungan caffeinnya begitu tinggi hingga tak gampang mengantuk selain cita rasa kopinya demikian halus.

Kopi lanang ini begitu pas dikonsumsi di daerah yang suhu udaranya cukup dingin, seperti di lokasi Kecamatan Kalibaru serta Glenmore yang curah hujan per tahunnya yang meraih rata – rata 10 th. hingga di lokasi itu cukup sejuk sekitar pada 22 derajat (minimum) celcius hingga 34 derajat celcius (optimal). Kopi Lanang dapat dihasilkan dari type Kopi Robusta serta Kopi Arabika.

Untuk aroma serta rasa kopi ini, lebih kuat dibanding kopi umum lantaran mengandung banyak senyawa Tribulus Terrestris yang disebut suplemen herbal popular yang dapat tingkatkan kandungan testosteron, gairah sex serta dehydroepiandrosterone (DHEA). Dengan kandungan seperti di atas, kopi ini diakui dapat tingkatkan vitalitas pria serta kandungan cafein 2. 1%, nilai jual kopi ini lebih tnggi dari pada kopi biasanya.


4. Kopi Kintamani


Kopi Bali atau Kintamani adalah kopi arabika yang merasa lembut serta manis. Kopi ini di produksi dalam system Subak Abian yang mendorong pengoloahan kopi dengan cara organik serta kerja sama. Kopi ini telah memperoleh sertifikasi Tanda-tanda Geografis dari CIRAD (Centre de Cooperation en Recherches Agronomiques pour le Developpement/Pusat Hubungan kerja dalam Riset Pertanian untuk Pembangunan Internasional, Perancis) sebagai kopi unik yang datang dari Bali.

Kopi Kintamani datang dari Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Adalah satu diantara tiga kopi Indonesia yang sudah memperoleh sertifikat Tanda-tanda Geografis Unik, di kenal dengan nama Tanda-tanda Geografis. Kintamani ada didataran tinggu yang sejuk hingga kopi bisa tumbuh sumbur diwilayah ini.

Kopi type ini ditanam dengan tumpang sari berbarengan dengan tanaman lain, seperti jeruk serta sayuran. Untuk rasa, Kopi Kintamani mempunyai rasa unik yakni rasa buah-buahan yang asam serta fresh, lantaran dampak dari system tumpang sari tadi. Terkecuali rasa buah, kopi ini mempunyai cita rasa yang lembut serta tak berat serta diolah lewat sistem basah atau wet processed.


5. Kopi Aceh Gayo


Kopi Aceh Gayo datang dari Serambi Mekah, Aceh. Sebagian besar orang-orang Gayo bertani kopi. Varietas Arabica menguasai type kopi ini hingga produksi Kopi Arabica dihasilkannya adalah yang paling besar di Asia.

Kopi Aceh Gayo mempunyai ras khas, yakni rasa pahit yang tidak ketinggalan dilidah, bahkan juga rasa pahit hampir tak merasa pada kopi ini. Kopi yang harum, gurih, tanpa ada rasa pahit melebihi cita rasa kopi Blue Mountain yang datang dari Jamaika. Satu hal yang menarik dari kopi ini yaitu penanaman kopi ditanam dengan cara organik.


6. Kopi Wamena


Kopi Wamena atau kopi Papua biasanya adalah type Arabika. Perkebunan-perkebunan yang populer ada 15. 000 kaki dari pantai dengan suhu 20 – 25 derajat celsius. Kopi-kopi ini adalah kopi organik dengan kwalitas paling baik. Lantaran tanah Papua yang masihlah begitu subur kopi yang dihasilkan begitu baik.

Aroma kopinya harum, halus serta mempunyai after taste yang begitu manis. Sebagian pegiat kopi menyamai kopi ini dengan biji kopi Jamaica Blue Mountain. Jamaica Blue Mountain Coffee yaitu kopi Arabika yang ditanam di daerah Blue Mountain di Jamaica serta adalah kopi premium. Di antara kopi Arabika yang lain, kopi ini mengandung cafein paling sedikit.

Kopi Wamena datang dari Papua, lokasi Timur Indonesia. Tumbuh pada ketinggalan 1. 500 mdpl dengan suhu 20 derajat C, membuatnya kopi dengan cita rasa enteng dengan kandungan keharuman yang tajam.
Kopi Papua Wamena mempunyai tingkat keasaman yang rencah, lantaran letak geografis serta susunan tanah yang mensupport untuk perkembangan kopi ini.

Kwalitas tinggi kopi ini di dukung oleh beberapa petani yang menanam kopi ini dengan cara organic, tak memakai bahan kimia yang sudah pasti dapat memengaruhi kopi yang dihasilkan. Buat kamu pencinta kopi, struktur enteng, minim ampas, harum serta tak asam berikut pilihan yang pas.


7. Kopi Flores Bajawa


Kopi Flores Bajawa datang dari dataran Flores yang bergelombang, banyak gunung berapi aktif serta tak aktif. Abu dari gunung berapi berikut membuat tanah Andosols yang subur serta ideal untuk perkembangan kopi organik.
Tumbuh pada ketinggian 1. 200 – 1. 800 mdpl di lereng bukit serta ditanam di bawah naungan pohon-pohon, sistem basah dipermukaan datar pertanian.

Kopi Flores mempunyai rasa yang cukup kekal di banding dengan kopi yang lain. Aroma yang cukup bertahan lama, hingga kopi ini banyak diincar oleh pencinta kopi ditanah air.
Kopi Flores Bajawa di produksi oleh grup tani di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur dengan cara organik yang ditanam serta di proses oleh perkebunan rakyat setempat.


8. Kopi Jawa


Dari sisi nama, kopi ini datang dari Tanah Jawa. Kopi Jawa atau “Java” adalah satu diantara type kopi yang punya pengaruh didunia hingga “Java” adalah slang bhs Inggris untuk kopi. Produksi kopi di Jawa diawali pada era ke 17 oleh pemerintah kolonial Belanda serta mulai sejak waktu itu Jawa jadi satu diantara produsen kopi paling besar didunia.

Kopi Jawa adalah type kopi Arabika yang unik lantaran keadaan geografis Indonesia. Kopi ini mempunyai tubuh yang berat, manis, lembut serta supel, sedikit aroma rimba. Kopi Jawa adalah sisi dari kombinasi legendaris “Mocha Java” yang disebut kombinasi Java serta Kopi serta Yaman.

Sekarang ini umumnya perkebunan kopi di Jawa dikuasai PTPN yang melanjutkan kebiasaan kopi Java yang telah mendunia. Kopi ini mempunyai cita rasa sendiri. Aroma rempah merasa dengan cara alami jadikan kopi type ini bisa di nikmati lantaran ciri-ciriistik yang tidak sama dari type kopi lain.

Walaupun Kopi Jawa tak sekuat type kopi yang sudah diterangkan di atas, kopi ini dapat mimikat penggemar kopi dengan kelasnya sendiri. Kopi Jawa lewat sistem giling basah hingga cita rasa yang sangat kuat. Walau tak setenar kopi asal Sulawesi serta Sumatera, tak semuanya kopi di Indonesia dapat membuahkan kopi beraroma rempah ini. Kopi yang paling populer yaitu Jampit serta Blawan. Biji Kopi Jawa yang tua dimaksud old-brown memiliki bentuk besar, serta rendah kandungan asam.


9. Kopi Arabika


Type kopi ini adalah type kopi yang paling banyak ditanam serta menyebar ke semua dunia lho, Loopers. Produsen penghasil kopi Arabika yang paling penting didunia datang dari negara-negara di benua Afrika. Saat ini, anda dapat nikmati beragam jenis olahan kopi Arabika yang mengambil racikan sajian kopi Italia seperti cappuccino, latte, serta espresso.


10. Kopi Robusta


Sama dengan kopi Arabika, kopi Robusta juga adalah kopi yang banyak di produksi. Dibanding dengan kopi Arabika, kopi Robusta ini lebih gampang dibudidayakan lantaran tanamannya kuat serta tahan pada penyakit serta hama. Rasa-rasanya juga lebih kuat serta kandungan kafeinnya semakin banyak dari biji kopi Arabika. Pemrosesan kopi Robusta ini umumnya di buat sebagai kopi tubruk.


11. Kopi Liberika


Kopi ini datang dari Liberia, Afrika. Rasa yang dipunyai kopi Liberika ini dapat disebutkan seperti kombinasi pada kopi Robusta serta kopi Arabika. Kopi ini kerap di proses jadi espresso, latte, serta cappuccino.


12. Kopi Kolombia


Kopi Kolombia masihlah termasuk juga dalam kelompok kopi Arabika serta dikenalkan pertama kalinya di Kolombia pada th. 1800an. Kopi ini umum dihidangkan sebagai kopi hitam serta pemberi aroma pada cake kopi.


13. Kopi Lintong


Sama dengan kopi Kolombia, kopi Lintong ini masihlah termasuk juga dalam varietas kopi Arabika. Kopi ini datang dari negeri kita sendiri, yakni daerah Mandailing, Sumatera Utara. Kopi ini umum dihidangkan sebagai kopi hitam.


14. Kopi Kona


Adalah type kopi yang paling langka serta paling mahal harga nya. Kopi ini paling banyak di produksi di Hawaii serta mempunyai kandungan cafein yang tertinggi diantara type kopi yang lain.


15. Kopi Sumatera


Kopi Sumatera terbagi dalam berbagai macam type kopi yang berasal beberapa besar dari Mandailing, Lintong serta Gayo. Kopi dari daerah ini umumnya lembut serta halus, agak asam serta beraroma kakao, tembakau, serta tanah.
Dari sisi histori kopi Sumatera begitu populer terlebih kopi Mandailing.

Kopi Mandailing datang dari biji kopi arabika yan dibawa Haji yang pulang dari Mekkah serta lalu ditanam di Minangkabau, waktu saat penjajahan Belanda pemerintah Hindia Belanda melakukan tanam paksa kopi pada 1847.

Usaha ini mengakibatkan perkebunan kopi diperluas dari lokasi Minangkabau mengalir ke utara, yakni ke daerah Tapanuli. Kopi Lintong ditanam di Lintongnihuta serta Sidikalang di barat daya Danau Toba. Kopi Gayo Aceh di produksi di sekitaran Takengon di Aceh. Lantaran langkah pemrosesannya yang unuik Kopi gayo lebih lembut dari pada kopi Lintong serta Mandailing.

Leave a Reply