Sejarah Lengkap Mengenai Kopi Kolombia

Kopi Kolombia – Apakah anda seorang penggemar kopi ?

Jika anda memang penggemar kopi sudah pasti anda sudah tidak asing dengan yang namanya kopi luwak, kopi arabika, kopi toraja dan kopi-kopi lainnya yang sedang naik daun seperti kopi hijau, oleh karena itu maka kita saat ini banyak menemukan penjualan green coffee / kopi hijau sedang marak di tengah-tengah masyarakat.

Namu pertanyaannya sudahkah anda mengenal dengan yang namanya kopi kolombia?

Jika anda belum mengenal kopi kolombia maka anda bisa membaca artikel berikut sebagai tambahan wawasan anda.


1. Sejarah Kopi Kolombia


Pixabay.com

Pixabay.com

Sejarah kopi bisa dikilas balik jejaknya dari sekitaran era ke-9, di dataran tinggi Ethiopia. Dari sana lantas menebar ke Mesir serta Yaman, serta lalu pada era limabelas mencapai lebih luas ke Persia, Mesir, Turki serta Afrika utara.Awal mulanya kopi kurang demikian di terima oleh beberapa orang.

Pada th. 1511, lantaran dampak rangsangan yang diakibatkan, dilarang pemakaiannya oleh beberapa imam konservatif serta othodoks di majelis keagamaan di Makkah. Walau demikian lantaran popularitas minuman ini, jadi larangan itu pada th. 1524 di hilangkan atas perintah Sultan Selim I dari Kesultanan Utsmaniyah Turki. Di Kairo, Mesir, larangan yang sama juga disahkan pada th. 1532, dimana kedai kopi serta gudang kopi ditutup.

Dari dunia Muslim, kopi menebar ke Eropa, dimana minuman ini jadi popular sepanjang era ke-17. Orang Belanda yaitu yang pertama kalinya mengimpor kopi dalam taraf besar ke Eropa, serta disuatu saat menyelundupkan bijinya pada th. 1690, lantaran tanaman atau biji mentahnya tak diperbolehkan keluar lokasi Arab. Ini lalu berlanjut pada penanaman kopi di Jawa oleh orang Belanda.

Saat kopi meraih lokasi koloni Amerika, awal mulanya tak sesukses di Eropa, lantaran dikira kurang dapat menukar alkohol. Walau demikian, sepanjang Perang Revolusi, keinginan pada kopi bertambah cukup tinggi, hingga beberapa penyalur mesti buka persediaan cadangan serta menambah harga nya dengan cara dramatis ; beberapa hal semacam ini lantaran dilandasi oleh berkurangnya pesediaan teh oleh beberapa pedagang Inggris.

Ketertarikan orang Amerika pada kopi bertumbuh pada awal era ke-19, menyusul terjadinya perang pada th. 1812, dimana akses impor teh terputus sesaat, serta lantaran meningkatnya tehnologi pembuatan minuman, jadi posisi kopi sebagai komoditas keseharian di Amerika menguat.


2. Pengertian Kopi Kolombia


Apa yang anda pikirkan mengenai Kolombia? Gudang aktivis? Kudeta politik? Iya, Kolombia lebih dikenal khalayak sebagai negara yang penuh intrik politik. Namun, bukanlah itu yang bakalan Kopling ulas. Ada hal-hal lain yang lebih bikin Kolombia mendunia, yakni kopi. Sampai saat ini, Kolombia ada di urutan ketiga sebagai negara pengekspor kopi paling besar didunia.

Dengan suhu yang cukup sejuk, dan tanah yang subur di sekitaran pegunungannya bikin Kolombia ideal untuk menanam kopi. Unesco bahkan juga mendeklarasikan lokasi perkebunan Kolombia ; Antioquia, Caldas, Risaralda, Quindío, Tolima, serta Valle del Cauca sebagai Warisan Dunia untuk perkebunan kopi.

Namun, kopi bukanlah perkebunan paling utama di Kolombia, lho. Perkebunan di Kolombia juga menghasilkan kokain. Agak rawan untuk kita bangsa timur, namun disana kokain dipakai untuk digabung dengan teh. Histori Kolombia menerangkan kopi baru ditanam di pegunungan Andes pada era 18 oleh golongan Jesuit.

Nyatanya tumbuh subur serta tanahnya ideal untuk menanam kopi. Bahkan juga di website resmi colombia. travel dijelaskan bila ada 10 kota di Risaralda yang tanahnya begitu baik untuk tumbuhnya kopi dengan cara maksimal. Kamu paham.kamu mengerti kan bila biji kopi paling baik itu atas paduan dari tempat tanaman yang mensupport, type yang pas, serta cuaca bahkan juga hingga step pemetikannya begitu memengaruhi rasa dari kopi.

Petani-petani Kolombia telah perduli bakal hal semacam ini. Kopi disana diperlakukan dengan cara khusus, untuk memindahkan biji kopi dari kebun ke gudang saja, mereka cuma memakai keledai serta mobil spesial. Terdapat banyak tingkatan untuk kopi kolombia. Colombian Supremo yaitu type tingkatan kopi paling baik produksi Kolombia. Type ini mempunyai karakter yang lembut, aromatik, serta kemanisan. Tingkatan ke-2, Excelso Grade mempunyai kepekatan yang lebih enteng serta sedikit lebih asam.

Meskipun penghasil kopi paling besar ketiga didunia, namun kopi tak jadi mengkonsumsi nomer satu untuk warga lokalnya sendiri. Beberapa orang disana juga suka minum air putih serta teh. Dua type kopi yang paling banyak di kenal yaitu Arabika, Robusta (Canephora). Type kopi arabika dari Kolombia dinilai enteng serta tidaklah terlalu pahit, oleh karena itu disenangi umumnya orang.

Saat ini, kopi Kolombia penyebarannya telah mendunia serta mulai dicicipi oleh orang banyak, termasuk juga Indonesia. Apakah anda termasuk juga pencinta kopi asal Kolombia?

Kopi Kolombia ditanam pada dataran tinggi serta condong memperoleh perawatan telaten dibawah naungan pohon pisang serta karet. Kopi ini yaitu satu diantara paling baik didunia, kaya, padat, serta begitu seimbang. Coffea Arabica L., lebih di kenal sebagai kacang Arabika, lebih sukai ketinggian yang lebih tinggi serta iklim yang lebih kering dari sepupu nya, kacang kwalitas rendah Robusta (C. robusta).

Oleh karenanya, pegunungan gersang serta tanah yang agak kering serta kaya kandungan vulkanik Kolombia jadikan keadaan ideal untuk perkembangan kopi berkwalitas tinggi. Kolombia kopi ditanam di dua lokasi paling utama, daerah pusat sekitaran Medellin, Armenia serta Manizales, yang di kenal sebagai MAM pada penggemar, serta lokasi, lebih timur pegunungan dekat Bogotá serta Bucaramanga.

MAM varietas di kenal lantaran berat tubuh mereka, rasa kaya serta halus, keasaman seimbang sesaat gunung tumbuh kacang timur membuahkan kopi lebih kaya, lebih berat, kurang asam. Kopi paling baik datang dari daerah ini.

Hal semacam ini tak di ketahui tentu apabila kopi pertama meraih Kolombia. Banyak sejarawan yakin hal semacam itu berlangsung sekitaran saat yang sama imam Yesuit pertama mulai tiba dari Eropa pada pertengahan era 16. Ekspor pertama kopi dari Kolombia diawali pada 1835 saat sekitaran 2. 500 tas diekspor ke Amerika Serikat

Dengan 1. 875 170. 000 tas pergi menuju negara Amerika Serikat serta Eropa. Ekspor tumbuh cepat sepanjang seratus th. yang akan datang atau lebih serta meraih puncaknya pada th. 1992 sekitaran 17 juta kantong. Hari ini, ekspor kopi Kolombia sekitaran 10 juta kantong per th..

Untuk sebagian dekade ke-2 Kolombia adalah produsen terpenting didunia kopi belakang Brasil. Beberapa waktu terakhir, Vietnam mengungguli Kolombia di ekspor kopi untuk mengambil nomer dua kursi serta geser Kolombia ke dekat ketiga. Tetapi, pepatah lama kwalitas dari pada jumlah tentu berlaku disini.

Kacang Arabika tak tumbuh dengan baik di Vietnam. Cuma lezat, tetapi inferior, Robusta pas untuk iklim, rendah basah Vietnam. Kopi Kolombia tambah lebih unggul serta dikira oleh beberapa pakar kopi banyak untuk jadi paling baik didunia.

Tiap-tiap diskusi mengenai kopi Kolombia akan tidak komplit tanpa ada mengatakan kampanye pemasaran yang begitu berhasil yang di buat oleh Federasi Nasional Petani Kopi Kolombia pada th. 1959. Mereka mengenalkan dunia ke Juan Valdez ramah serta ramah. Walau ciri-ciri fiktif, yang ponco kenakan pakaian, kenakan sombrero Juan Valdez memberi muka dengan pemilih kopi rendah hati serta membuat aura mistik serta asmara yang masihlah bertahan sekarang ini.

Satu survey beberapa waktu terakhir melaporkan kalau 85% orang Amerika masihlah mengaitkan nama Juan Valdez dengan Coffee Kolombia. Cukup satu prestasi, terlebih mengingat kalau cuma 75% mengaku mengakui nama Serta Quayle.

Leave a Reply