Mari Mengenal Bersama Kelezatan Kopi Sumatera

Kopi Sumatera – bagi anda para penggemar kopi mungkin sudah tidak asing lagi dengan kopi-kopi terkenal macam kopi luwak, torabika, toraja, green coffee, atau kopi terkenal lainnya.

Namun sudahkan anda mengenal kopi Sumatra?

Berikut penjelasannya secara singkat dan padat.


1. Pengertian Kopi Sumatera


Pixabay.com

Pixabay.com

Kopi Sumatera adalah satu diantara varietas kopi yang datang dari Sumatera yang memiliki tekstur paling halus serta bercita rasa paling berat serta kompleks diantara bermacam kopi didunia. Beberapa besar kopi Sumatera diolah dengan cara kering (dry-processed), namun beberapa lagi lewat sistem pencucian enteng (semi-washed).

Kopi Sumatera begitu populer dengan Mandheling atau Lintong-nya yang tumbuh di pesisir selatan pulau Sumatera. Kopi Sumatera yang tumbuh lebih ke arah Barat di kenal sebagai kopi Gunung Gayo. Kopi Gayo Sumatera digambarkan sebagai kopi yang bercita rasa manis serta bersih. Pakar kopi yang menginginkan beli kopi Sumatera umumnya lihat ketuaan dari biji kopi Sumatera. Biji kopi ini keluarkan rasa “tanah” serta “rempah”. Hal semacam ini adalah kekhasan sendiri biji kopi Sumatera hingga membuatnya jadi satu dari kopi yang paling di cari diantara type kopi yang ada didunia.

Kopi Sumatera terbagi dalam sebagian kopi khas yang datang dari Negara Indonesia yang berlokasi di pulau Sumatera, sebagian misalnya yaitu kopi Lintong, kopi Lampung, kopi Aceh Gayo, serta yang paling akhir yaitu kopi Mandailing. Yang di mana ke empat kopi itu mempunyai ciri khas aroma serta rasa yang tidak sama, yang begitu unik serta begitu diperhitungkan permasalahan kwalitas dari biji kopinya itu.

Lantaran memanglah beberapa besar biji penghasil biji kopi yang berkwalitas tinggi di Indonesia yaitu datangnya dari Daerah Sumatera ini. Oleh karenanya juga tak heran bila kopi-kopi asal Sumatera ini begitu banyak type serta rasa-rasanya.

Kopi Lampung yang termasuk juga satu diantara Kopi Sumatera ini yaitu satu diantara kopi dengan kwalitas aroma serta rasa-rasanya yang tertinggi, yang di hasilkan oleh beberapa petani daerah lampung. Sisi Lampung Barat sekurang-kurangnya satu tahun bisa memanen 1, 5 ton per hektare.

Keseluruhan luas tanaman kopi di Lampung ditafsirkan meraih 162. 000 hektare, yang beberapa besar masyarakat asli orang-orang Lampung bermata pencaharian sebagai petani kebun kopi. Kopi Lampung di golongkan sebagai kopi robusta yang tanaman biji kopinya cuma bisa tumbuh dengan baik di ketinggian 400-700 mtr. di atas permukaan laut dengan temperatur sekitaran 21 hingga 24 derajat celcius.

Kopi Sumatera yang lain yaitu kopi sidikalang, nama kopi yang di ambil dari satu nama Ibu Kota Dairi yakni Kota Sidikalang yang terdapat didaerah pegunungan yang mempunyai ketinggian 1. 500 mtr. di atas permukaan laut. Gabungan dari udara dingin serta type tanah yang ada di daerah ini adalah argumen paling utama kenapa kopi sidikalang mempunyai cita rasa yang khas.

Sidikalang sendiri terdapat di daerah Sumatera Utara yang mempunyai tiga daerah penghasil kopi paling baik yakni Sidikalang, Mandailing, serta Lintong Nihuta. Contoh lain kopi sumatera yaitu Kopi Aceh, yang populer bakal aroma serta kesenangan yang khas, dari nama kopinya kita telah bisa simpulkan kalau kopi ini datang dari daerah Aceh, yang mana 40% produksi biji kopi di Indonesia datang dari Aceh.

Kopi gayo aceh yaitu kopi type ke empat dari kopi asal daerah Sumatera. Biji kopi yang di hasilkan dari dataran tinggi yang bernama Gayo Aceh yang populer bakal kopi arabika nya yang khas serta telah teruji sebagai satu diantara kopi paling baik didunia. Kopi ini telah ada mulai sejak awal era ke 10.

Keseluruhan perkebunan kopi Gayo Aceh ini meraih sekitaran 94. 500 hektare yang terdapat di Aceh. Tak heran biji kopi Indonesia hasil dari Gayo Aceh yang disebut satu diantara Kopi Sumatera ini jadi daerah yang menghasilkan biji kopi terbesar yang ada di Benua Asia.


2. Sejarah Kopi Sumatera


Indonesia di kenal sebagai penghasil kopi paling baik. Salah nya ialah kopi Sumatera. Tidak cuma didalam negeri, kopi Sumatera juga popular diluar negeri, terlebih di Amerika. Kopi Sumatra bahkan juga jadi satu diantara kopi paling laku di Negeri Paman Sam yang di kenal sebagai negera dengan tingkat mengkonsumsi kopi paling besar.

Kopi Sumatera sendiri mempunyai beragam jenis, seperti kopi Lintong, kopi Lampung, kopi Aceh Gayo, serta kopi Mandailing. Ke empat type kopi itu mempunyai kekhasan, aroma serta rasa yang tidak sama.

Kopi Lampung yang disebut satu diantara Kopi Sumatera memilki kwalitas aroma serta rasa-rasanya yang tertinggi. Kopi Lampung adalah kopi robusta yang tanaman biji kopinya cuma bisa tumbuh dengan baik di ketinggian 400-700 mtr. di atas permukaan laut dengan temperatur sekitaran 21 hingga 24 derajat celcius.

Kopi Sumatera yang lain yaitu kopi Sidikalang, Nama kopi ini di ambil dari nama Ibu Kota Dairi, yakni Kota Sidikalang yang terdapat didaerah pegunungan yang mempunyai ketinggian 1. 500 mtr. di atas permukaan laut.

Gabungan dari udara dingin serta type tanah jadi argumen paling utama kenapa kopi Sidikalang di Sumatera mempunyai cita rasa yang khas. Sidikalang sendiri ada di lokasi Sumatera Utara yang mempunyai tiga daerah penghasil kopi paling baik yakni Sidikalang, Mandailing, serta Lintong Nihuta.

Kopi Sumatera yang lain yaitu Kopi Aceh yang populer bakal aroma serta kesenangan yang khas. Kopi gayo aceh yaitu kopi type ke empat dari kopi asal daerah Sumatera. Biji kopi yang di hasilkan dari dataran tinggi yang bernama Gayo Aceh yang populer bakal kopi arabika nya yang khas serta telah teruji sebagai satu diantara kopi paling baik didunia. Kopi ini telah ada mulai sejak awal era ke-10.


3. Faedah Kopi Sumatera


Indonesia adalah negara agraris yang satu diantara produksinya yaitu kopi. Kopi sudah jadi minuman keseharian untuk masyarakat Indonesia di manapun serta kapanpun. Bahkan juga saat ini kopi sudah jadi pola hidup sendiri lantaran banyak kafe-kafe atau kedai kopi yang menghidangkan kopi dengan style serta gengsi hingga banyak di nikmati oleh golongan urban.

Walau Indonesia yaitu negara produsen paling banyak didunia sesudah Brazil serta Vietnam tetapi masihlah begitu disayangkan masyarakat Indonesia semakin banyak konsumsi kopi instan dibanding kopi asli.

Kopi Sumatera adalah type kopi Indonesia yang paling populer serta sumber ekspor kopi Indonesia ke luar negeri. Banyak lokasi di Sumatera seperti Lampung, Bengkulu, Aceh, serta Sumatera Utara yang membuahkan biji kopi paling baik baik Arabika ataupun Robusta.

Konsumsi kopi sehari-hari nyatanya mempunyai faedah kesehatan sendiri untuk badan, salah nya ialah melindungi kesehatan jantung. Kopi juga mempunyai faedah kesehatan untuk wanita baik untuk penyakit ataupun kecantikan, apa sajakah faedahnya?

a. Kurangi kemungkinan kanker

Kanker endrometrium yaitu type kanker yang menyerang system reproduksi pada wanita serta tinggi resikonya dihadapi oleh wanita berumur diatas 30 th. atau sesudah menopause. Hasil riset di Amerika Serikat yang mempelajari wanita dengan umur 34-59 th. tunjukkan kalau wanita yang minum kopi sejumlah 4 gelas /hari kemungkinan terserang kanker endrometrium alami penurunan sejumlah 25% di banding yang minum kopi lebih sedikit atau tak minum kopi sekalipun. Jalinan kopi dengan penurunan kemungkinan kanker ini yaitu lantaran kopi bisa mengatur kandungan hormon insulin serta estrogen yang disebut satu diantara penyebab terjadinya kanker endrometrium.

Pada umumnya kopi dapat juga menghindar type kanker yang lain lantaran kopi mengandung zat anti-oksidan yang bisa menghindar perkembangan sel kanker. Walau demikian, mengkonsumsi kopi tak bisa sangat banyak atau melebihi dari 250 mg (lebih kurang 4 gelas) dalam satu hari. Sangat banyak kopi malah dapat bikin jantung berdebar, tremor, insomnia, serta susah buang air besar.

b. Tingkatkan memori

Dementia serta Alzheimer yaitu dua type penyakit memori yang semakin banyak berlangsung pada lanjut usia, walau tak tutup peluang berlangsung pada umur produktif. Menurut riset di Amerika Utara pada th. 2005 konsumsi 2 gelas kopi sehari-hari bakal bikin memori bertahan lebih lama serta bikin memori mempunyai periode waktu yang lama. Wanita lanjut usia yang pada saat produktif rajin konsumsi kopi bisa turunkan kemungkinan terserang Alzheimer serta Dementia.

c. Tingkatkan metabolisme serta membakar lemak

Untuk Anda yang tengah berdiet baiknya memasukkan kopi kedalam menu diet keseharian. Cafein pada kopi bisa tingkatkan metabolisme sejumlah 3-11% serta membakar lemak sejumlah 7% pada pasien obesitas. Dengan penambahan metabolisme jadi badan bisa menyerap nutrisi dengan baik serta buang zat bekasnya serta hindari penimbunan lemak serta cholesterol. Metabolisme yang lancar dapat juga membakar kalori dengan tambah baik serta memperlancar buang air besar.

d. Menghindar penuaan dini

Umur 30 th. yaitu umur di wanita tengah alami pucak produktivitasnya, sayangnya pada umur ini juga kulit mulai tunjukkan sinyal tanda penuaan. Sinyal penuaan pada kulit wanita yaitu timbulnya flek-flek hitam di muka, nampak garis-garis halus terlebih di dahi, ruang mata serta pada garis senyum. Penuaan awal sesungguhnya dapat dihindari salah nya ialah dengan kopi. Kopi mengandung anti-oksidan yang membuat perlindungan kulit dari radikal bebas. Radikal bebas mengakibatkan beberapa sel pada kulit memerlukan saat yang lama untuk beregenerasi hingga kesehatan kulit alami penurunan. Dengan anti-oksidan sel bisa ditukar dengan cepat hingga kulit dapat mulus lebih lama.


4. 10 Faedah Kopi Berdasar pada Riset Dunia


a. Penelitan University of Sao Paulo, Brazil, temukan kalau kopi hitam jika diminum saat pagi hari bakal berguna untuk kesuburan pria.
b. Journal of Neurolgy 2002, lewat penelitiannya menyimpulkan kalau konsumsi kopi kian lebih 5 gls/hari bisa tingkatkan kandungan trigliserida serta cholesterol jahat pada badan.
c. Menurut Harvard Women’s Health, mengkonsumsi kopi sebagian cangkir satu hari bisa kurangi resiko diabetes type 2, batu ginjal serta kanker usus besar.
d. Riset American Association for Cancer Research Frontiers 2009 menyebutkan kalau peminum kopi (pria) lebih kecil 60% berisiko terserang kanker prostat.
e. Menurut hasil riset yang di uraikan dalam Journal of the American at the Society for Reproductive Medicine, Kopi hitam bisa merangsang sperma pria berenang lebih cepat hal semacam ini otomatis beresiko baik berkaitan tingkat kwalitas sperma pria.
f. International Journal of Dermatolog Menyebutkan kalau Cafein yang terdapat dalam kopi bisa merangsang perkembangan folikel kecil di kulit kepala pria yg alami kerontokan rambut.
g. Beberapa peneliti dari University of Athens, temukan kalau dengan minum kopi sehari-hari bisa tingkatkan elastisitas pembuluh darah.
h. Pada th. 2011, peneliti Harvard temukan kalau wanita yang minum sebagian cangkir kopi sehari-hari mempunyai resiko lebih kecil terserang kanker rahim.
i. Menurut satu studi Kedokteran Harvard School (2009) Minum kopi bisa turunkan resiko stroke sebesar 19 % pada wanita.
j. Satu studi pakar saraf di University of Lisbon temukan kalau minuman kopi bisa menghindar degenerasi saraf berkaitan dgn masalah otak serta penuaan.

Leave a Reply