Inilah 7 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Anda, Mau Coba?

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan–¬†Bawang merah adalah bahan rempah yang biasa digunakan sebagai penyedap masakan atau bumbu masakan, meski sebenarnya bawang merah sendiri memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah manfaat yang dimilikinya bisa membantu anda menghilangkan penyakit atau sebagai pengobatan.

Ia bisa menjadi sumber antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dalam tubuh. Bawang merah memang jarang dikenal sebagai obat dan lebih sebagai bumbu wajib dalam masakan, padahal selain sebagai penguat rasa, bawang merah juga memiliki banyak nutrisi dan rendah kalori sehingga memiliki banyak vitamin, mineral dan kandungan bermanfaat lain nya.

Apa saja manfaat bawang merah? Apa saja kandungan nya? Mungkin anda tidak menyangka bahwa 1 cangkir bawang putih halus memiliki 64 kalori, 15 gram karbohidrat, 0 gram koleterol, 0 gram lemak, 3 gram serat, 7 gram gula, 2 gram protein, vitamin C, vitamin B-6, mangan, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium, fosfor, kalium antioksidan quercetin dan sulfur.

Bagaimana? Apakah sudah percaya bahwa bawang merah memiliki banyak kandungan bermanfaat? Baiklah kami akan mengulaskan apa saja manfaat bawang merah untuk kesehatan. Simak ulasan nya berikut ini:


A. Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan


Pixabay.com

Pixabay.com

Mengkonsumsi bawang merah yang telah dicampur dengan berbagai masakan memang enak, tetapi bagaimana dengan bawang merah yang mentah? Pernahkah anda mengkonsumsinya? Mungkin anda berpikir bahwa itu tidak enak dan tidak ada manfaatnya, tetapi ternyata ada banyak penyakit yang bisa anda sembuhkan dengan mengkonsumsi bawang merah secara teratur dan takaran yang pas. Apa saja manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh? Ini dia jawabanya:

1. Manfaat Bawang Merah untuk Pencegahan Kanker Lambung

Ternyata sayuran allium yang merupakan bawang merah bisa mencegah terjadi nya kanker, karena kandungan organosulfur nya yang tinggi membuat bawang merah cenderung menjadi penghambat kanker lambung dan kenker kolorektal. Bawang merah juga menjadi sumber vitamin C yang menjadi antioksidan sehingga bisa membantu tubuh anda terhindar dari radikal bebas penyebab kanker.

Bagi anda yang memiliki masalah gangguan lambung, maka anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bawang merah, jika anda sibuk dalam memasak, maka anda bisa memesan makanan yang banyak mengandung bawang merah di catering solo.

2. Manfaat Bawang Merah Mencegah Kanker Prostat

Dalam sebuah studi yang telah diterbitkan oleh journal of nasional cancer institute juga telah dilakukan penelitian yang menggunakan suatu populasi dalam meneliti asupan allium sayuran dan kanker prostat. Ternyata mereka menemukan bahwa pria dengan konsumsi bawang merah yang tinggi memiliki resiko kanker prostat yang rendah. Tentu hal ini sangat bermanfaat bagi anda sehingga tidak ada salahnya jika anda memilih untuk mengkonsumsi bawang merah mentah secara rutin mulai saat ini.

3. Manfaat Bawang Merah Mencegah Esofagus dan Kanker Perut

Asupan allium yang ada dalam sayuran atau bawang merah berbanding terbalik dengan resiko kanker perut sehingga beberapa penelitian dan survey menunjukkan bahwa bawang merah bisa membuat tumor tidak bisa berkembang atau membunuh tumor tersebut. Dan hal ini telah dilakukan uji coba pada hewan dan hasilnya ternyata memang menunjukkan hal demikian.

4. Manfaat Bawang Merah Mengatur Tidur dan Suasana hati

Folat yang ada dalam bawang merah bisa membantu anda menghilangkan depresi dengan mengurangi kelebihan homosistein dalam tubuh manusia yang bisa mencegah darah dan nutrisi lain nya mencapai otak. Homosistein tersebut bisa mempengaruhi peningkatan hormone lain nya juga, seperti hormone serotonin, dopamine, norepinephrine yang bukan hanya mengatur suasana hati saja melainkan juga tidur serta nafsu makan juga.

5. Bawang Merah Baik untuk Jantung

Bagi anda yang memiliki penyakit jantung tidak ada salahnya jika mengkonsumsi bawang merah secara rutin karena kandungan sulfide methylallyl dan asam-amino sulfur yang ada dalam bawang merah bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, meningkatkan kadar kolesterol baik, membuka arteri yang tersumbat serta mengontrol tekanan darah tingggi sehingga kesehatan jantung anda juga bisa terjaga.

Selain kelima hal diatas, bawang merah juga berfungsi menjaga kelembaban kulit.


B. Manfaat Bawang Merah untuk Bayi


http://www.wallpaperhd.pk/

http://www.wallpaperhd.pk/

Ternyata bawang merah juga bisa digunakan sebagai obat beberapa penyakit, banyak nya obat tradisional yang juga terbukti menguatkan bahwa obat tradisional dari bawang merah juga memiliki manfaat besar, apa sajakah manfaat bawang merah sebagai media pengobatan? Simak ulasan nya di bawah ini:

1. Manfaat Bawang Merah untuk Perut Kembung Pada Anak-anak

Mengatasi perut kembung yang terjadi pada anak-anak tidak perlu dengan hal yang sulit karena anda bisa mengatasinya dengan mudah. Biasanya orang tua sudah khawatir ketika anaknya terkena masuk angin sehingga perutnya kembung. Untuk mengatasinya cukup mudah, anda hanya perlu mengambil bawang merah yang bersih, kemudian haluskan, tambahkan minyak telon dan balurkan pada bagian pusar anak anda.

2. Manfaat Bawang Merah untuk Meredakan Batut-Batuk

Meredakan batuk yang biasanya terjadi pada cuaca dingin memang bisa cukup rumit jika belum tahu caranya, apalagi anak-anak biasanya lebih mudah terserang batuk-batuk. Caranya adalah dengan memarut bawang merah, setelah itu tambahkan minyak telon dan balurkan ke sekujur punggung dengan sedikit urutan agar batuk nya bisa cepat sembuh.

Selain 2 manfaat bawang merah diatas, penggunaan bawang merah dengan kadar yang biasa juga memiliki fungsi sebagai suplemen otak bagi anak-anak.


C. Cara Konsumsi Bawang Merah


Pixabay.com

Pixabay.com

Meskipun mengkonsumsi bawang merah memang bisa membantu anda menghindari beberapa penyakit, tetapi ada beberapa orang yang juga harus menghindari bawang putih karena bisa menimbulkan penyakit lain nya.

Misalnya saja orang yang telah mengkonsumsi bawang merah dalam jumlah terlalu banyak akan mengalami sakit karena kandungan karbohidrat yang ada dalam bawang bisa menyebabkan kembung dan ada nya gas dalam perut.

Gas dalam perut akan membuat perut sakit sehingga anda tidak bisa menjalankan aktifitas anda seperti biasa.
Apalagi jika anda memiliki sakit magh kronis akan membuat orang yang makan bawang merah mentah mengalami mulas yang berlebih.

Jadi jika anda ingin mengkonsumsi bawang merah sebaiknya lihat terlebih dahulu penyakit apa yang anda miliki sehingga anda tidak perlu mengambil resiko berbahaya.

Mengkonsumsi bawang dalam jumlah banyak bisa menganggu fungsi darah sehingga biasanya dapat menghambat kerja dari obat pengencer darah sehingga ketika anda mengkonsumsi obat jangan mengkonsumsi bawang merah. Bawang hijau mengandung lebih banyak vitamin K sehingga bisa menurunkan fungsi darah.

Bawang merah juga bisa saja membuat anda mengalami alergi karena tidak semua orang bisa makan bawang merah, tetapi di kasus-kasus yang pernah terjadi biasanya orang yang mengalami alergi pada bawang akan mengalami kemerahan, mata gatal, dan ruam ketika bersentuhan atau makan bawang merah.

Dengan ada nya hal tersebut sebaiknya jangan mengkonsumsinya, apalagi jika sampai anda mual, muntah atau lambung tidak nyaman hanya karena mengkonsumsi bawang merah.


D. Cara Memilih dan Menyimpan Bawang merah


A Tiger by the Tail

A Tiger by the Tail

Siapa bilang bawang merah tidak bisa bertahan lama? Bawang merah biasanya mudah busuk, tetapi dengan perawatan dan penyimpanan yang benar akan membantu bawang merah segar lebih lama.

Biasanya bawang merah yang rusak karena belum kering atau terdapat air di tempat penyimpanan nya sehingga bawang menjadi busuk. Selain itu ada nya air juga bisa membuat bawang merah tumbuh sehingga tidak enak untuk di makan.

Bawang merah yang baik untuk dikonsumsi tentunya harus memenuhi beberapa syarat. Apa saja syarat bawang merah bisa dikonsumsi? Simak ulasan nya berikut ini:

1. Memilih Bawang Merah yang Bersih

Bawang merah yang bisa anda konsumsi haruslah bersih karena kuman yang ada di bawang merah bisa saja membuat anda mendapatkan penyakit. Biasanya bawang merah yang baru di panen langsung di jemur dan tidak dibersihkan terlebih dahulu dengan air bersih, meskipun dibersihkan biasanya menggunakan air yang tidak terjamin bersih sehingga anda perlu membersihkan bawang merah sebelum memakainya agar lebih bersih.

2. Bawang Merah dengan Tekstur yang Keras

Bawang merah yang bagus biasanya bertekstur keras dan kulitnya kering. Kenapa begitu? Karena bawang merah yang bertekstur lembek biasanya sudah rusak atau tidak layak pakai. Meskipun bisa dipakai biasanya hanya bagian dalam nya saja dan harus benar-benar dibersihkan karena jika tidak, bisa saja itu akan membawa penyakit bagi anda.

3. Bawang Merah Disimpan pada Suhu Kamar

Bawang merah harus disimpan di suhu kamar karena bawang mudah membusuk, apalagi jika bawang merah terkena air, itu akan mempercepat pembusukan nya. Karena itulah simpan bawang merah di tempat yang kering.

4. Jauhkan Bawang Merah dari Cahaya

Loh kenapa kok bawang merah tidak boleh berada di tempat yang terkena cahaya terang serta tempat yang berventilasi baik? Hal ini dikarenakan bawang merah bisa saja tumbuh jika terkena cahaya matahari yang baik, ini masuk dalam ilmu biologi sehingga anda harus menghindari nya.

5. Letakan Bawang Merah di Tempat yang Terkena Angin

Tempatkan bawang merah di tempat yang terdapat angin atau kering karena jika lembap sedikit saja akan membuat bawang merah busuk di bagian bawah, apalagi jika anda menumpuknya dalam jumlah yang banyak dalam wadah yang tidak ada ventilasinya. Jadi gunakan wadah yang tidak tertutup agar bawang merah lebih awet.

6. Jauhkan Bawangt Merah dari Kentang

Kenapa bawang merah tidak boleh dekat-dekat dengan kentang? Hal ini karena bawang merah bisa menyerap kelembapan kentang dan menyebabkan kentang menjadi mudah membusuk atau rusak. Jadi sebaiknya taruh bawang merah di tempat yang hanya terdiri dari bawang merah saja.

Bawang merah biasanya memiliki bau yang lebih tajam dibanding dengan bawang putih yang memang lebih manis, hal ini disebabkan senyawa yang ada dalam bawang merah yang biasanya menjadi pengawet alami memiliki rasa yang tajam.

Jangan menyimpan bawang yang sudah dimasak ke dalam mangkuk logam karena itu bisa menyebabkan bawang berubah warna nya. Pembekuan bawang cincang juga bisa membuat rasanya berbeda atau kehilangan banyak rasa. Bawang merah memang lebih enak jika diolah dengan bawang putih yang lebih banyak berguna sebagai pengharum makanan.

Itulah Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan yang bisa kami informasikan untuk anda, semoga manfaat bawang putih yang melimpah seperti ini bisa terus dikembangkan sebagai obat sehingga banyak orang yang tertolong karena ada nya bawang merah.

Selain itu jangan lupa juga bahwa ada beberapa orang yang juga tidak boleh mengkonsumsi bawang merah karena alasan tertentu, seperti alergi dan memiliki penyakit lain nya sehingga anda juga perlu berhati-hati ketika ingin menyembuhkan penyakit tertentu dengan bawang merah jangan sampai sembarangan karena tidak semua orang bisa makan bawang merah.

Jadi sebelum konsumsi bawang merah mentah, sebaiknya periksa ke dokter dan lihat apakah mengkonsumsi bawang merah baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Demikianlah artikel mengenai 7 manfaat bawang merah untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply