25+ Manfaat dan Efek Samping Kopi bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kopi– merupakan minuman yang paling banyak disukai dan paling banyak dikonsumsi oleh sebagian besar orang. Tidak heran jika banyak sekali penjual kopi yang berada di pinggir-pinggir jalan. Kopi sendiri sebenarnya memiliki bentuk seperti biji-bijian dan ada banyak manfaat di dalam biji kopi tersebut.

Kopi yang tidak di sangrai, warna nya akan tetap hijau karena memang biji kopi memiliki warna asli hijau, sedangkan biji kopi yang telah di sangrai akan menjadi hitam, karena itulah kebanyakan orang lebih mengenal warna kopi adalah hitam, padahal tidak semua kopi berwarna hitam, misalnya saja kopi hijau.

Kopi hijau dan kopi hitam sendiri memang cukup berubah, mulai dari warna nya hingga kandungan yang ada di dalamnya. Kopi hijau memiliki kandungan yang bermanfaat lebih banyak dibanding dengan kopi yang telah di sangrai karena kandungan nutrisi nya bisa menghilang ketika di sangrai.

Kebanyakan kopi yang dijual di luaran sana merupakan kopi yang berwarna hitam atau telah di sangrai, meskipun kandungan nya sudah cukup berkurang, akan tetapi banyak orang lebih suka kopi hitam karena bisa menghilangkan rasa ngantuk.

Apalagi kandungan kafein yang ada di dalamnya, ternyata bisa membuat orang ketagihan dan terjaga sepanjang malam.

Karena kopi membuat orang ketagihan, maka banyak orang yang tidak bisa lepas dari kopi, bahkan sehari tidak minum kopi bisa merasa sakit kepala.

Ada juga orang yang beranggapan bahwa kopi membuat orang jadi insomnia, padahal tidak semua nya seperti itu karena dampak positif dari minum kopi juga banyak, bahkan kopi hitam dipercaya menjadi salah satu fighter sejati dari kanker sehingga anda yang meminumnya akan terhindar dari kanker.

Ekstrak biji kopi yang biasa nya diseduh menjadi kopi lebih sering dinikmati dalam waktu pagi hari, ketika udara masih segar dan kopi siap untuk menjadi teman hangat di pagi hari.

Tetapi seiring perkembangan jaman, kopi berubah menjadi minuman siap saji dimanapun kita berada dan kapanpun itu.

Sekarang kopi juga disajikan dalam bentuk dingin sehingga anda suka kopi dan ingin minum kopi saat musim panas juga bisa.

Kopi memang menyuguhkan cita rasa yang unik, beda dengan yang lain. Dibanding dengan minuman lain seperti teh, kopi lebih disukai oleh pria ataupun wanita.


A. Nutrisi Pada Kopi


Pixabay.com

Pixabay.com

Nutrisi pada kopi memang banyak seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, akan tetapi mungkin anda belum terlalu mengenal kandungan apa saja yang ada di dalam nya serta beberapa hal yang berkaitan dengan manfaat kandungan tersebut terhadap kesehatan.

jadi mari kita kupas satu persatu nutrisi serta manfaat kopi terhadap kesehatan tubuh berikut ini:

  • Riboflavin (Vitamin B2) sebanyak 11% dari AKG.
  • Asam pantotenat (vitamin B5) sebanyak 6% dari AKG.
  • Mangan dan Kalium sebanyak 3% dari AKG.
  • Magnesium dan Niacin (B3) sebanyak 2% dari AKG.

B. Manfaat Kopi untuk Kesehatan


Pixabay.com

Pixabay.com

Nikmatnya secangkir kopi memang memikat semua orang, banyak orang yang menjadi penggila kopi dan mencoba semua rasa kopi dari seluruh dunia karena memang setiap tempat pasti memiliki jenis kopi yang berbeda, semua tergantung dari jenis kopi, cara menanam hingga bagaimana cara mengolah kopi agar menjadi lebih khas untuk suatu daerah.

Selain rasa nya yang khas, ternyata untuk manfaatnya hampis sama semua, dan bagi anda penggemar kopi yang ingin tahu apa saja manfaat kopi bagi kesehatan, berikut akan kami ulaskan Manfaat dan Efek Samping Kopi Bagi Kesehatan dan Kecantikan untuk anda:

1. Manfaat Kopi Bisa Meningkatkan Stamina

Semua orang pasti butuh stamina untuk melakukan aktifitas setiap harinya, dan ternyata manfaat minum kopi di pagi hari memang bisa membuat kinerja anda lebih bagus ketika pergi ke kantor atau melakukan aktifitas lain nya.

Hal ini karena di dalam tubuh terdapat Adenosin yang mampu membuat sel merasa lelah dan ingin tidur, akan tetapi kandungan kafein yang ada di dalam tubuh dapat mengatasinya.

Jadi kafein tersebut akan mempengaruhi kinerja sel sehingga membuatnya bergerak lebih lambat, dengan begitu sel tidak mudah merasa lelah atau tetap merasa segar lebih lama. Dampaknya adalah anda akan lebih semangat dan tidak mudah mengantuk ketika melakukan aktifitas, hal ini juga akan mengakibatkan anda lebih aktif dan mampu berpikir lebih cepat.

2. Manfaat Kopi Bisa Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya, kanker juga bisa terjadi kepada siapapun, entah itu wanita ataupun pria. Ada banyak jenis kanker, dan kebanyakan kanker adalah penyakit yang mematikan, karena itulah anda harus bisa menjaga diri agar terhindar dari kanker.

Salah satu cara agar terhindar dari kanker adalah dengan mengkonsumsi kopi, bagaimana bisa kopi mencegah timbulnya kanker? Hal ini karena di dalam kopi terdapat antioksidan yang bisa menekan resiko gejala kanker yang ada di dalam tubuh. Penelitian di jepang telah membuktikan bahwa kopi memang bisa mencegah kanker.

Jadi pada sejumlah wanita telah dilakukan penelitian, dan semua wanita tersebut di anjurkan untuk minum kopi selama 2x sehari secara teratur. Dan ternyata hasilnya cukup mengejutkan karena membuktikan bahwa kopi memang mencegah kanker dengan hasil penelitian yang menyebutkan semua wanita yang mengkonsumsi kopi sebanyak 2x sehari resiko terkena kanker menurun sebanyak 25%.

3. Manfaat Kopi Menjaga Kesehatan Mulut

Masih seputar kanker, karena mulut juga bisa terkena kanker juga. Dan ternyata kopi memiliki sifat antibakteri yang baik untuk kesehatan mulut, meski ada yang bilang terlalu banyak minum kopi bisa membuat gigi menjadi kusam atau kekuningan, akan tetapi hasilnya ternyata kopi bisa membuat mulut menjadi lebih bersih dan sehat sehingga membuat anda terhindar dari kanker mulut.

Selain itu, kopi juga bisa membantu anda unuk menyembuhkan gigi berlubang, plak gigi dan infeksi pada gusi. Kapan lagi bisa menemukan obat yang memiliki manfaat besar, rasa nya enak dan anda sukai. Tentu saja konsumsi kopi yang tidak berlebihan dan dalam porsi yang cukup ini akan membuat resiko kanker mulut anda berkurang, karena itulah konsumsi kopi dalam takaran pas.

4. Manfaat Kopi Mengurangi Resiko Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang juga telah banyak memakan korban, hal ini bisa terjadi jika pola hidup yang dilakukan itu salah. Misalnya saja terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis secara berlebih, keturunan dan masih banyak lagi penyebab terjadinya penyakit diabetes.

Ternyata dengan mengkonsumsi kopi akan membuat penghambatan penyerapan gula dalam tubuh sehingga orang yang rajin mengkonsumsi kopi akan lebih terhindar dari yang nama nya diabetes. Jadi ini merupakan berita baik bagi anda pecinta kopi yang tidak ingin terkena penyakit diabetes.

Kandungan zat asam klorogenat mampu membuat kinerja tubuh untuk membentuk insulin lebih cepat sehingga membuat penyerapan gula dalam tubuh bisa normal dan membuat penyakit diabetes sulit untuk datang. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang ternyata hasilnya membuat penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang turun hingga 50% karena kopi.

5. Manfaat Kopi Mengurangi Resiko Penyakit Demensia dan Alzheimer

Demensia atau Alzheimer merupakan penyakit yang biasa menimpa kebanyakan orang yang sudah berusia 65 tahun ke atas. Penyakit ini sangat berbahaya karena mampu membuat seseorang lupa akan semua hal yang pernah ia alami, bahkan parahnya lagi mereka bisa lupa siapa namanya, dimana ia tinggal dan siapa saja keluarga nya.

Kalau di Indonesia sendiri, penyakit seperti ini dinamakan penyakit pikun. Memang tidak mematikan seperti penyakit lain nya, tetapi Alzheimer akan membuat anda merasa sakit kepala dan menyebabkan anda kehilangan memory. Jadi anda perlu berhati-hati dan mencoba untuk melakukan hal yang akan membuat anda terhindar dari penyakit Alzheimer ini.

Salah satu cara untuk terhindar dari penyakit Alzheimer adalah dengan mengambil manfaat kopi yang bisa membuat anda terhindar dari resiko demensia. Kopi memang telah teruji dapat meningkatkan perlindungan tubuh terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf sehingga anda tidak mengalami penyakit pikun di usia lanjut nanti.

6. Manfaat Kopi Mencegah Parkinson

Parkison juga merupakan salah satu penyakit yang paling popular, jadi penyakit yang satu ini juga menyebabkan degradasi atau penurunan fungsi saraf sehingga anda akan mengalami hal yang tidak di inginkan oleh diri anda. Ternyata kopi juga bermanfaat untuk meningkatkan perlindungan tubuh terhadap penyakit parkison ini, asalkan anda mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang benar dan tidak berlebihdan karena jika berlebihan juga akan membuat anda insomnia atau tidak bisa tidur.

7. Manfaat Kopi Meningkatkan Mood

Biasa nya orang suka bad mood dan suka marah-marah tanpa alasan yang jelas, akan tetapi hal seperti ini bisa di atasi dengan mudah. Bad mood memang bisa terjadi kepada siapa saja yang sedang mengalami perasaan yang tidak enak, atau merasa terganggu. Dan anda yang sering merasa bad mood bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi kopi di pagi hari sebelum berangkat aktifitas, hal ini karena kandungan kopi yang mampu memberikan efek kebahagiaan bagi orang yang mengkonsumsinya.

Kopi bukan saja sebagai teman bersantai di pagi hari saja, melainkan teman yang baik untuk memulai hari lebih bahagia dari sebelumnya. Semakin bahagia dan semangat dalam melakukan aktifitas, maka anda bisa mengerjakan semua hal dengan baik dan lebih cepat dibanding ketika bad mood.


C. Manfaat Kopi untuk Kecantikan


manfaat-kopi-untuk-kecantikan

Pixabay.com

Kopi yang merupakan minuman paling popular ini tidak hanya memiliki manfaat dalam segi kesehatan saja, ternyata kopi juga bisa bermanfaat bagi kecantikan seseorang. Misalnya saja untuk menyegarkan tubuh, membersihkan kulit kepala dan masih banyak lagi. Bagi anda yang ingin membeli kopi, maka bisa mencarinya di jual coffee green Dan bagi anda yang ingin mengetahui manfaat kopi bagi kecantikan bisa melihat nya di bawah ini:

1. Manfaat Kopi untuk Masker Wajah

Kopi yang biasa nya dijadikan minuman ternyata memiliki manfaat lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan wajah. Ternyata kopi juga bisa digunakan untuk membuat masker wajah dan masker yang terbuat dari kopi ini juga sering digunakan pada salon-salon kecantikan.

Apa manfaat masker yang terbuat dari kopi? Yaitu untuk mengencangkan kulit, mengangkat sel kulit mati dan juga sebagai krim anti mikroba yang dapat membersihkan wajah. Namun anda mungkin tidak bisa membuatnya secara manual karena kopi juga harus dicampur dengan kandungan lain agar bisa lebih optimal dalam digunakan sebagai masker wajah.

2. Manfaat Kopi untuk Perawatan Kulit Kepala

Kulit kepala biasa nya menjadi mudah kotor karena debu yang bertebaran, karena itulah setiap harinya seseorang harus keramas agar kotoran yang ada di kulit kepala bisa hilang, salah satunya adalah menggunakan shampoo yang memang di desain khusus untuk kulit kepala.

Banyak perusahaan yang menggunakan kopi sebagai alat kecantikan pembersih kepala dari kotoran. Jadi biasa nya kopi juga diambil ekstrak nya agar bisa membuat suatu produk shampoo menjadi lebih efektif dalam membersihkan kotoran. Selain itu kopi juga bermanfaat untuk mencegah kerontokan dan menjadi anti oksidan yang menjaga kulit kepala.

3. Manfaat Kopi Menyegarkan Kulit Tubuh

Kulit tubuh merupakan bagian yang paling dimanjakan oleh seseorang, terutama oleh perempuan karena setiap wanita pasti ingin terlihat cantik dengan kulit yang bersih dan sehat. Dan kopi juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit agar tidak ada kulit mati. Biasa nya kopi digunakan untuk bahan kosmetik karena bisa memaksimalkan pelepasan sel-sel kulit mati sehingga peremajaan kulit bisa lebih maksimal.

Kulit akan lebih sehat dan bercahaya ketika menggunakan body lotion dari kopi, cukup gunakan scrub berbahan kopi untuk perawatan kulit secara teratur agar kulit anda bisa terjamin kesehatan nya.

4. Manfaat Kopi untuk Pedicure dan Manicure

Kegunaan kopi memang cukup banyak, mulai dari manfaat nya untuk kesehatan hingga kecantikan yang berhubungan dengan pedicure dan manicure. Banyak wanita yang melakukan hal tersebut untuk menjaga kekencangan kulit dan lain nya, akan tetapi bukan hanya itu saja manfaat kopi.

Manfaat kopi lain nya adalah untuk membersihkan siku yang hitam, dan tumit yang kakai atau mengalami retak karena kebanyakan jalan kaki atau masalah kulit lain nya. Biasa nya orang akan panic ketika melihat tumit kaki yang retak dan terlihat jelek, karena itulah kopi hadir sebagai solusi untuk menjaga penuaan dini pada kulit.

5. Manfaat Ampas Kopi untuk Mengencangkan Wajah

Masih dalam masalah kecantikan, seringkali seseorang harus mengeluarkan banyak uang untuk menjaga kekencangan kulit wajah karena penuaan. Hal seperti ini sangat sering dilakukan karena memang seseorang yang sudah bertambah usianya akan mengalami penuaan, ada penuaan yang memang alami dan ada juga penuaan dini akibat stress dan lain sebagainya. Hal seperti inilah yang harus dihindari sehingga untuk menjaga kekencangan wajah, anda bisa menggunakan kopi sebagai bahan yang bisa mengatasi dan menjadi solusi keluhan tersebut. Wajah anda akan lebih kencang karena kopi mengandung nutrisi yang baik untuk kulit wajah anda.


D. Manfaat Kopi bagi Pria


Pixabay.com

Pixabay.com

Kopi yang memiliki banyak manfaat ini ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan saja, ternyata kopi juga bisa membantu mengatasi solusi berbagai keluhan sebagai berikut ini:

1. Manfaat Kopi Dapat Menghilangkan Stress Dan Depresi

Kopi bisa dijadikan teman santai sehingga bisa menghilangkan stress yang terjadi karena padatnya aktifitas yang telah anda lakukan. Dengan hilangnya rasa stress atau depresi yang anda alami, maka anda akan bekerja dengan lebih baik lagi.

2. Manfaat Kopi adalah Teman Santai Dan Kerja Terbaik

Kopi adalah teman santai dan teman saat bekerja yang paling baik karena kopi mampu membuat orang yang meminumnya merasa lebih santai dan pekerjaan bisa selesai dengan baik. Biasanya anda akan merasa tidak mengantuk dan lebih semangat dalam bekerja.

3. Manfaat Kopi Memberikan Efek Suasana Liburan

Kopi membuat efek seperti suasana hiburan, anda lihat saja kebanyakan orang menghabiskan malam minggu untuk keluar dan ngopi. Kopi memang bisa membuat orang yang mengkonsumsinya bisa merasa tenang dan seperti sedang liburan.

4. Manfaat Kopi Dapat Digunakan Untuk Mengobati Sesak Nafas

Kopi bisa mengobati sesak nafas sehingga bagi anda yang mengalami sesak nafas atau memang memiliki penyakit tersebut tidak usah ragu untuk mengkonsumsi kopi dalam takaran yang pas dan teratur.

5. Manfaat Kopi Memiliki Aroma yang Menenangkan

Aroma efek kopi memang menenangkan, sehingga tidak heran jika stress anda hilang. Semua manfaat nya memang saling berkaitan satu sama lain. Bagi anda yang suka minum kopi, anda akan menjadi lebih santai, akan tetapi tetap fokus.


E. Bahaya Kopi bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan


Pixabay.com

Pixabay.com

Kopi memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, akan tetapi minum kopi yang terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Maksimal anda mengkonsumsi 2 gelas kopi dalam sehari, jika lebih dari itu, maka anda bisa saja mengalami hal yang tidak di inginkan.

Kopi juga memiliki efek samping yang berbahaya, jadi jangan hanya melihat dampak positifnya saja, lihat juga dampak negative yang harus anda tanggung jika penggunaan kopi disalah gunakan, atau anda mengkonsumsinya dengan tidak wajar. Berikut akan kami ulaskan efek samping kopi:

  • Kandungan kafein yang ada di dalam kopi akan membuat anda sulit tidur, apalagi jika anda tidak biasa mengkonsumsi kopi atau anda terlalu banyak mengkonsumsi kopi. Jadi anda harus menjaga kualitas tidur anda juga dan jangan terlalu banyak dalam mengkonsumsinya, sesuatu yang tidak wajar akan membuat anda mendapatkan dampak negative saja.
  • Kopi juga akan membuat jantung anda berdebar lebih kencang, jadi bagi anda yang bermasalah dengan jantung sebaiknya menghindari yang nama nya kopi.
  • Tidak cocok jika dikonsumsi sebelum atau sesudah olahraga karena bisa membahayakan kesehatan anda, jadi sebaiknya konsumsi ketika sedang bersantai saja.
  • Tidak boleh dikonsumsi ibu hamil secara berlebihan karena bisa berakibat buruk pada janin dan kesehatan nya.
  • Bagi orang yang memiliki asam lambung tidak boleh mengkonsumsi kopi karena bisa menimbulkan masalah sakit perut atau asam lambungnya kambuh.
  • Bagi penderita darah tinggi juga tidak boleh mengkonsumsi kopi karena darah tingginya bisa kambuh juga.
  • Dilarang juga bagi orang yang menderita radang usus untuk minum kopi.
  • Jangan mengkonsumsi kopi yang cukup panas atau terlalu panas karena bisa menyebabkan sakit tenggorokan dan sariawan.

F. Tips Meminum Kopi yang Sehat


Pixabay.com

Pixabay.com

Dalam mengkonsumsi kopi juga terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan karena konsumsi kopi yang baik akan membuat anda mendapatkan dampak positif dari kopi, sedangkan konsumsi kopi yang salah atau berlebih akan membuat anda mendapatkan efek samping atau efek negative nya. Dan berikut adalah tips mengkonsumsi kopi yang bisa anda gunakan sebagai acuan:

  • Minumlah kopi maksimal 2 gelas dalam sehari, jangan lebih dan jangan kurang karena suatu yang berlebihan akan membawa dampak buruk, dan sesuatu yang kurang juga tidak akan maksimal.
  • Usahakan untuk tidak minum kopi ketika malam hari, dan usahakan untuk tidak minum kopi lebih dari jam 4 sore. Minum saja kopi sebelum bekerja atau ketika anda bekerja di kantor.
  • Jangan mengkonsumsi kopi bersamaan dengan konsumsi buah durian. Kandungan yang ada di dalam keduanya akan membawa dampak buruk jika dikonsumsi bersama.
  • Jangan mengkonsumsi kopi dengan gula yang berlebih. Gula yang berlebih bisa membuat anda terserang penyakit diabetes atau penyakit berbahaya lain nya.
  • Usahakan kopi diminum kurang dari 3 jam setelah dibuat karena manfaat kopi akan hilang setelah lebih dari 3 jam dibuatnya.

Sebaiknya anda memperhatikan tips dalam mengkonsumsi kopi, karena selain terlalu banyak mengkonsumsi, ternyata seseorang yang mendapatkan penyakit karena kopi disebabkan oleh cara konsumsinya yang salah. Jadi jika anda benar-benar ingin mendapatkan manfaat yang baik dari kopi, maka konsumsilah kopi dengan cara yang benar.

Dalam Manfaat dan Efek Samping Kopi Bagi Kesehatan dan Kecantikan ini juga akan kami ulaskan bagaimana cara membuat kopi sendiri dengan mudah. Ingin tahu caranya? Simak ulasan nya berikut ini:

  1. Langkah pertama dalam membuat kopi bubuk adalah dengan membuang kulit kopi hingga tersisa biji kopinya saja. Cara membuangnya bisa dengan menumbuknya secara bersamaan dalam sebuah lumbung, hal ini dikarenakan akan lebih cepat dan efektif dalam membersihkan kulitnya.
  2. Setelah itu anda bisa membersihkan biji kopi agar tidak kotor dan menjemur biji kopi yang telah anda buang kulitnya hingga kering. Anda bisa menggunakan sinar matahari untuk mengeringkan nya. Anda juga bisa menggunakan mesin pengering kopi jika memang jumlah nya sangat banyak karena akan lebih cepat tanpa harus menunggu beberapa hari.
  3. Kemudian anda sangrai biji kopi hingga berwarna hitam, dan angkat. Dalam menyangrai biji kopi harus terus dibolak balik agar matangnya merata.
  4. Setelah matang anda tumbuk biji kopi tersebut hingga menjadi halus dan bisa anda seduh dengan gula dan air hangat.
  5. Coba ambil 1,5 sendok makan kopi yang sudah halus, kemudian anda tambahkan 1,5 sendok gula dan masukkan air hangat ke dalam nya.
  6. Kopi buatan sendiri siap untuk dinikmati.

Anda yang bisa membuat kopi juga bisa langsung menjual kopi yang sudah jadi seperti di atas, atau juga bisa menjual biji kopi nya secara langsung. Akan tetapi nilai jualnya tentu akan lebih mahal ketika sudah menjadi kopi bubuk.

Kopi yang merupakan tanaman biji-bijian dan biasa nya ada juga yang disebut dengan kopi luak memang memiliki rasa yang beraneka ragam sehingga anda perlu memilih biji kopi apa yang ingin anda konsumsi. Jika memang anda ingin diet, kami sarankan untuk menggunakan kopi hijau karena itu bisa membantu anda untuk diet.

Kopi hijau sendiri biasanya tidak di sangrai sehingga sangat berbeda dengan kopi hitam yang warna nya berubah menjadi hitam karena di sangrai. Untuk rasa nya sama saja, akan tetapi kopi hitam menjadi lebih enak jika di tambah dengan susu atau campuran lain nya. Yang penting adalah manfaat dari kopi itu sendiri harus anda maksimalkan.

Itulah Manfaat dan Efek Samping Kopi Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang bisa anda coba sendiri di rumah, atau mulai untuk mengkonsumsi kopi dalam takaran yang pas. Semoga informasi seperti ini bisa membantu anda yang sedang ingin mengkonsumsi kopi atau menghilangkan suatu penyakit menggunakan kopi. Terima kasih.

Leave a Reply