Pengertian dan Keutamaan Bagi Orang-orang yang Bertaqwa

PROLOG

Para sahabat lembahilmu.com yang saya hormati, setiap manusia pasti ingin menjadi yang terbaik atau setidaknya menjadi lebih baik dari orang yang ada di sekitarnya, ini merupakan fitrah yang Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan kepada kita, yaitu adanya rasa kompetisi dan persaingan antara sesama untuk menjadi nomor satu diantara yang lain.

Maka dari itu kita lihat kebanyakan manusia, senantiasa mempertimbangkan pekerjaan yang akan menjadi status sosialnya di masyarakat, ada yang memilih menjadi dokter, ada yang menjadi polisi, pejabat, hakim, guru, dan lain sebagainya, yang mana mereka semua di dalam memilih pekerjaan tersebut juga mempertimbangkan status sosialnya di tengah masyarakat, karena mereka juga ingin menjadi orang yang baik di mata masyarakat sekitar.

Namun sudahkah kita tahu dan mengerti, siapakah orang terbaik di mata Allah Subhanahu wa Ta’ala ?, siapakah mereka ?, untuk menjawab pertanyaan tersebut simaklah ayat berikut ini;

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu.Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” (QS. 49:13).

Dari ayat yang mulia diatas, maka kita dapat menyimpulkan, bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling bertaqwa diantar manusia, entah dia seorang pemulung, entah dia seorang petani, gelandangan, penjual kardus, atau lain sebagainya asalkan ia orang yang bertaqwa, maka ia akan mulia dan baik di mata Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Lalu timbul sebuah pertanyaan, apakah arti taqwa itu ?, kita sering mendengar kata taqwa dan taqwa ketika khotib sedang berdiri di atas mimbar, namun pertanyaannya, sudah mengerti kah kita akan arti taqwa ?.

Sahabatku, jika pada kesempatan yang lalu saya telah membahas mengenai balasan bagi orang-orang yang bersabar, maka pada kesempatan kali ini, saya akan memaparkan arti taqwa dan manfaat atau keuntungan yang akan didapat oleh orang-orang yang bertaqwa, selamat membaca.

A. Pengertian Taqwa

Untuk mendefinisikan arti taqwa, maka kita akan mengutipkan perkataan salah seorang ulama kibar yang bernama  Thalaq bin Hubai, beliau menyatakan,

إذا وقعت الفتنة فأطفئوها بالتقوى قالوا : وما التقوى ؟ قال: أن تعمل بطاعة الله على نور من اله ترجو ثواب الله ، وأن تترك معصية الله على نور من الله تخاف عقاب الله

“jika terjadi fitnah (ujian, musibah), maka padamkanlah dengan taqwa. Mereka bertanya, ‘Lalu apa taqwa itu?’ Ia menjawab, ‘Anda beramal mengerjakan ketaatan kepada Allah atas dasar cahaya ( petunjuk ) dari Allah karena mengharap pahala-Nya, dan meninggalkan maksiat kepada Allah atas dasar cahaya ( petunjuk ) dari Allah karena takut kepada siksa-Nya.”

fire-175966_960_720

Inilah definisi taqwa yang paling sempurna, yakni kita melaksanakan ketaatan kepada Allah ( misalnya sholat ) diatas petunjuk, yakni berdasarkan Al Quran dan Hadis Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa Sallam, dengan mengharap pahala dari Allah, dan kita meninggalkan maksiat kepada Allah ( misalnya minum khamer ) berdasarkan petunjuk, yakni Al Quran dan Hadis Nabi Muhammad, dengan tujuan takut karena azab Allah.

Inilah makna dari taqwa yang harus kita pahami dengan sebaik-baiknya, agar kita bisa menjadi manusia yang baik di mata Allah Subhanahu wa Ta’ala.

B. Manfaat dan Ganjaran Orang yang Bertaqwasleep-1027884_960_720

Berikut adalah 10 ganjaran-ganjaran yang akan didapat oleh mereka yang berusah bertaqwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala;

  1. Mendapatkan Penjagaan Dan Perlindungan Dari Musuh.

وَإِنْ تَصْبِرُوْا وَتَتَّقُوْا لاَيَضُرُّكُمْ كَيْدُهُمْ شَيْئًا

 Artinya: “Jika kalian bersabar dan bertaqwa, niscaya tipu daya mereka sedikit pun tidak mendapatkan kemadharatan bagi kalian” (Surat Ali ‘Imron: 120).

  1. Diselamatkan Dari Kesulitan-Kesulitan Dan Diberi Rezeki Yang Halal.

وَمَنْ يَّتَّقِ اللهُ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا. وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ

 Artinya: “Barangsiapa yang bertaqwa kepada ALLAH, niscaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberikanya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya” (Surat Ath-Thalaq: 2-3).

  1. Mendapat Pujian dan Sanjungan Kepada Orang-Orang Yang Bertaqwa .

وَإِنْ تَصْبِرُوْا وَتَتَّقُوْا فَإِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ اْلأُمُوْرِ

Artinya: “Jika kalian bersabar dan bertaqwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan” (Surat Ali ‘Imron: 186).

  1. Mendapatkan Dukungan Dan Kemenangan.

إِنَّ اللهَ مَعَ الَّذِيْنَ اتَّقَوْا وَالَّذِيْنَ هُمْ مُحْسِنُوْنَ

 Artinya: “Sesungguhnya ALLAH beserta orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan” (Surat An-Nahl: 128).

  1.    Diterima Amalnya.

إِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللهُ مِنَ الْمُتَّقِيْنَ.

 Artinya: “Sesungguhnya ALLAH hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertaqwa’ (Surat Al- Maa-idah: 27).

  1. Mendapatkan Pengampunan Dari Dosa.

وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ

 Artinya: “Dan mengampuni bagi kalian dosa-dosa kalian” (Surat Al-Ahzab: 71).

  1.  Dicintai Oleh Allah.

إِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: “Sesungguhnya ALLAH menyukai orang-orang yang bertaqwa” (Surat At-Taubah: 4).

  1. Mendapatkan Kabar Gembira Di Dunia Dan Akhirat.

الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا وَكَانُوْا يَتَّقُوْنَ. لَهُمُ الْبُشْرَى فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الآخِرَةِ

 Artinya: “(Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertaqwa. Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan) di akhirat” (Surat Yunus; 63-64).

  1. Selamat Dari Api Neraka.

ثُمَّ نُنَخِّي الَّذِيْنَ اتَّقَوْا

Artinya: “Kemudian kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertaqwa itu dari api neraka” (Surat Maryam: 72).

  1.  Mendapatkan Pengampunan Dari Dosa.

وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ

 Artinya: “Dan  Allah mengampuni bagi kalian ( orang-orang yang bertaqwa ) dosa-dosa kalian” (Surat Al-Ahzab: 71).

Penulis : Adams Aljawiyu.

Silahkan dibaca artikel saya yang berikutnya mengenai macam-macam penyakit dan obat hati

One Response

  1. Khair Februari 29, 2016

Leave a Reply