Pengertian Diskusi, Unsur-Unsur dan Macam-Macam Diskusi

Pengertian Diskusi, Unsur-Unsur Diskusi dan Macam-Macam Diskusi –¬†Diskusi adalah sebuah interaksi baik dari 2 orang atau lebih yang bertujuan mencari sebuah jalan keluar dari sebuah topik atau permasalahan yang ingin diselesaikan.

Salah seorang pakar yang bernama Hasibuan , mengatakan bahwa diskusi adalah visi dari dua atau lebih individu secara verbal dan saling tatap muka dengan tujuan mendapatkan suatu pemecahan dan jalan keluar dengan cara pertukaran informasi.

Menurut ahli yang lain yang bernama Usman, diskusi adalah sebuah proses yang teratur yang melibatkan sekelompok orang untuk berinteraksi dengan tujuan berbagi informasi dan pengalaman sehingga akan menemukan solusi dari masalah atau tema yang sedang ditentukan.

Sedangkan menurut Surya, diskusi adalah sebuah proses di mana individu akan mendapat kesempatan untuk berkontribusi berbagi pengalaman untuk memecahkan suatu permasalahan.

Sedangkan menurut asal bahasa diskusi berasal dari bahasa latin, yaitu discatere yang artinya membeberkan masalah.

Dari sini dapat kita mengambil sebuah kesimpulan, bahwa diskusi adalah sebuah komunikasi baik dari dua individu atau lebih yang bersifat interaktif sehingga terjadi proses penukaran informasi sehingga tercapailah tujuan yang diinginkan.

Adapun Tujuan Diskusi adalah sebagai berikut

  1. Sebagai faktor pendukung dalam mengembangkan tradisi intelektual
  2. Sebagai wadah untuk pengambilan keputusan dan kesimpulan.
  3. Sebagai wadah menyamakan persepsi dan visi.
  4. Menjadi sarana dalam menghidupkan kepedulian dan kepekaan dalam berkomunikasi dan konsultasi.
  5. Unsur-unsur Diskusi.
Pixabay.com

Pixabay.com

Unsur-Unsur Diskusi- Untuk menjadikan sebuah diskusi berjalan dengan lancar dan baik, maka setidaknya harus terdapat 4 unsur diskusi, berikut keempat unsur tersebut :

  1. Moderator

Moderator memiliki tugas sebagai pembuka dan penutup suatu acara diskusi, selain itu moderator juga bertugas mengatur jalannya serta tertibnya suatu diskusi dengan cara menyesuaikan topik dengan pembahasan yang akan dibahas.

  1. Pembicara atau Panelis

Pembicara adalaha orang yang bertugas membawakan topik dan membicarakannya secara garis besar sesuai dengan tema yang telah disepakati untuk dibahas, sehingga dia harus benar-benar paham dengan tema yang akan dia sampaikan sehingga para peserta mampu menanggapinya dengan baik.

  1. Notulis

Notulis bertugas mencatat semua hal-hal penting yang terjadi di dalam diskusi, dia juga bertugas membantu moderator dalam mencatat berbagai tanggapan dan pertanyaan dari peserta, serta bertugas memberikan kesimpulan dari hasil diskusi yang telahy dijalankan.

  1. Peserta

Peserta adalah mereka yang mengikuti acara diskusi dengan tujuan mendengarkan dan memberikan tanggapan atau pertanyaan kepada pambawa materi, dan alangkah baiknya jika pertanyaan yang diajukan melalui moderator dan tidak keluar dari tema yang telah ditentukan.

Pixabay.com

Pixabay.com

Macam-Macam DiskusiР Diskusi memiliki banyak macam, berikut saya tuliskan 6 macam bentuk diskusi

  1. Seminar

Seminar merupakan sebuah diskusi yang bersifat formal dan penyajinya menyipakan kertas sebagai materi dalam menyampaikan pembahasan dan topik yang akan diselesaikan

Kemudian para peserta diberi kesmepatan untuk bertanya dan menyampaikan tanggapannya sebagai bentuk pertukaran informasi dalam mencapai kesepakatan dan jalan keluar.

  1. Konferensi

Adalah sebuah pertemuan beberapa orang untuk menyampaikan suatu pendapat sebagai ajang berunding dan bertukar pendapat sebagai sarana mendapatkan penyelesain yang sesuai dengan yang diharapkan oleh semnua pihak.

  1. Lokakarya

Lokakarya adalah sebuah perundingan yang dilakukan oleh para pakar untuk membahas sebuah penyelesaian dan tujuan bersama.

  1. Saresahan

Adalah sebuah diskusi yuang ditujukan untuk mendaptkan prasaran-prasaran dalam suatu pokok permasalahan.

  1. Diskusi Panel

Adalah sebuah diskusi yang dilakukan dengan cara melibatkan para ahli yang sesuai dengan tema yang dibahas, dimana para ahli tersebut memaparkan materinya kemudian para peserta dengan aktif menanggapi atau memberikan pertanyaan.

  1. Diskusi Kelompok

Adalah sebuah diskusi yang dilakukan secara kelompok dengan tujuan mengambil kesimpulan dan pemecahan msalah dalam diskusi yang sedang dilakukan.

Baca juga artikel kami tentang hidroponik di jual nutrisi hidroponik.

2 Comments

  1. Muhammad Danu Kurniadi April 23, 2016
    • Adams Aljawiyu April 27, 2016

Leave a Reply