Pengertian Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab

Pengertian Tujuan Pembelajaran Bahasa ArabĀ – sebelum kita membahas mengenai tujuan pembelajaran bahasa Arab, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu makna tujuan secara bahasa

Tujuan secara bahasa memiliki arti arah; haluan (jurusan), yang dituju; tuntutan.
Tujuan Pembelajaran dari segi istilah adalah deskripsi tentang penampilan perilaku (performance) murid-murid yang kita harapkan setelah mereka mempelajari bahan pelajaran yang kita ajarkan.

Hal yang hampir sama diungkapkan oleh Oemar Hamalik yang mengungkapkan bahwa tujuan pembelajaran adalah suatu deskripsi tentang penampilan perilaku yang diharapkan tercapai oleh siswa setelah berlangsung pembelajaran.

Tujuan sangat memegang peranan penting dalam mencapai sesuatu. Seseorang akan berhasil dalam hidupnya apabila ia memiliki tujuan hidup. Tujuan akan memberikan arah serta bimbingan bagaimana seseorang dapat mencapai tujuannya.

Begitu juga dalam melakukan pembelajaran, ia memerlukan tujuan agar dapat mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran yang akan dilakukan.Dari pengertian-pengertian di atas maka yang dimaksud dengan tujuan pembelajaran bahasa Arab adalah harapan mengenai gambaran perilaku siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif maupun psikomotor setelah mempelajari bahan pembelajaran bahasa Arab yang diajarkan oleh guru.


1. Komponen-komponen Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab


Dalam sebuah perencanaan pembelajaran tertulis (written plan/RPP), untuk merumuskan tujuan pembelajaran tidak dapat dilakukan secara sembarangan, tetapi harus memenuhi beberapa kaidah dan komponen-komponen tertentu.

Menurut Oemar Hamalik bahwa komponen yang harus terkandung dalam tujuan pembelajaran yaitu :

  • Tingkah Laku Terminal
    Berupa seperangkat perilaku yang harus ditunjukkan atau dikuasai siswa setelah kegiatan belajar mengajar selesai dilaksanakan.
  • Kondisi-kondisi Tes
    Yang dimaksudkan di sini adalah situasi pada saat dilakukan evaluasi atau tes terhadap tujuan pengajaran baik di akhir kegiatan belajar mengajar maupun pada saat diadakan ulangan harian.
  • Ukuran-ukuran perilaku
    Ukuran-ukuran yang dijadikan standar atau patokan untuk mengukur perubahan tingkah laku siswa selama maupun setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Dick dan Carey menyatakan bahwa tujuan pembelajaran terdiri atas:

  • Tujuan harus menguraikan apa yang akan dapat dikerjakan atau diperbuat oleh anak atau diperbuat oleh anak didik.
  • Menyebutkan tujuan, memberikan kondisi atau keadaan yang menjadi syarat yang hadir pada waktu anak didik berbuat.
  • Menyebutkan kriteria yang digunakan untuk menilai perbuatan anak didik yang dimaksudkan pada tujuan.

2. Teknis Penyusunan Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab


Sebagaimana tujuan pembelajaran merupakan unsur yang penting dalam kegiatan belajar mengajar, maka harus dirumuskan dengan jelas dengan teknis yang jelas pula. Hamzah B. Uno mengemukakan tentang penyusunan tujuan pembelajaran dalam format ABCD.

  • A = Audience (petatar, siswa, mahasiswa, murid dan sasaran didik lainnya), adalah pelaku yang menjadi kelompok sasaran pembelajaran. Keterangan mengenai kelompok siswa yang akan menjadi kelompok sasaran pembelajaran diusahakan sespesifik mungkin.
  • B = Behavior (perilaku yang dapat diamati sebagai hasil belajar), adalah perilaku spesifik khusus yang diharapkan dilakukan siswa setelah selesai mengikuti proses pembelajaran. Perilaku ini terdiri atas dua bagian penting, yaitu kata kerja dan objek.
  • C = Condition (persyaratan yang perlu dipenuhi agar perilaku yang diharapkan dapat tercapai), adalah kondisi yang dijadikan syarat atau alat yang digunakan pada saat siswa diuji kinerja belajarnya.
  • D = Degree (tingkat penampilan yang dapat diterima), adalah derajat atau tingkatan keberhasilan yang ditargetkan harus dicapai siswa dalam mempertunjukkan perilaku hasil belajar.

3. Klasifikasi Tujuan Pengajaran Bahasa Arab


Tujuan pengajaran bahasa Arab memiliki 4 klasifikasi, berikut ke 4 klasifikasinya :

  • Tujuan Nasional
  • Tujuan Institusional
  • Tujuan Kurikuler
  • Tujuan Insruksional

4. Kegunaan Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab


Adapun kegunaan tujuan pembelajaran bahasa Arab terbagi menjadi 3, yaitu :

  • Pedoman dan acuan dalam membuat rencana pembelajaran
  • Pedoman dan acuan bagi guru dalam melakukan langkah-langkah pengajaran
  • Membimbing siswa dalam belajar.

Leave a Reply