Ingin Bahagia, Inilah 25 Persiapan Sebelum Menikah yang Harus Anda Lakukan

Sahabat lembahilmu.com yang saya hormati, adakah diantara kalian yang sebentar lagi akan menikah ???

Jika ada, maka sangat tepat bagi anda untuk membaca artikel ini.

Persiapan menikah tidaklah hanya sebatas tentang anda menyiapkan kartu undangan pernikahan, atau dekorasi panggung yang indah, namun di sana ada banyak hal-hal yang harus anda persiapkan agar nantinya pernikahan anda menjadi sebuah pernikahan yang sakinah, mawaddah, wa rahmah.

Jika pada kesempatan yang lalu saya telah menuliskan manfaat menikah muda, maka pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan 25 hal yang harus anda ketahui dan lakukan sebelum anda menikah.

Berikut ke 25 hal yang baikinya anda persiapkan.


1. Mengikhlaskan Niat Karena Allah.


www.thewayofmeditation.com

www.thewayofmeditation.com

Sahabat lembahilmu.com yang saya hormati, menikah adalah sebuah ibadah yang agung, dan ia adalah setengah dari agama kita.

Jadi sudah sepatutnya kita senantiasa mengawali niat kita di dalam menikah, yaitu karena ikhlas kepada Allah, berniat ingin menjaga diri dari perbuatan dosa dan maksiat dengan cara menikah dan menyempurnakan setengah agama.

Jadi jangan lupa yah, inilah hal pertama dan paling utama yang harus anda persiapkan jika anda dan pasangan anda ingin bahagia di dalam kehidupan berumah tangga nantinya.


2.Persiapan Wawasan tentang Pernikahan


www.startupremarkable.com

www.startupremarkable.com

Jangan lupa jika niat kita sudah benar, maka hal berikutnya yang harus kita lakukan adalah memperkaya wawasan kita mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pernikahan.

Perbanyaklah membaca buku-buku, atau kajian-kajian yang membahas masalah seputar pernikahan, agar kelak ketika kita sudah benar-benar menikah, mental dan fisik kita sudah siap menghadapi hal-hal baru di dalam bahtera percintaan antara suami-istri.


3. Persiapan Kepribadian dan Akhlaq


aboutislam.net

aboutislam.net

Anda ingin mendapatkan pasangan yang baik ?

Anda ingin mendapatkan pasangan yang sholih atau sholihah ?

Atau anda ingin mendapatkan pasangan yang memiliki akhlak dan etika yang terpuji di hadapan manusia dan Allah Subhanahu wa Ta’ala ?

Jangan lupa bahwa laki-laki yang baik hanyalah untuk wanita yang baik, demikian juga wanita yang baik hanya untuk laki-laki yang baik pula.

Oleh karena itu perbaiki kepribadian dan akhlak anda sekarang juga, demi mendapatkan pasangan yang baik pula di masa yang akan datang.


4. Persiapan Mental


darksiders.wikia.com

darksiders.wikia.com

Menikah itu sangat berbeda dengan yang namanya pacaran, kalo yang namanya pacaran itu lebih mengarah kepada pelampiasan hawa nafsu dan syahwat belaka, sehingga tidak akan ditemukan di dalamnya rasa bertanggung jawab dan ingin menjaga di antara 2 pasangan, yang ada hanyalah bagaimana memenuhi hawa nafsu dari kedua belah pihak saja.

Lain halnya dengan menikah, maka akan banyak ditemukan keadaan-keadaan yang mengharuskan anda berpikir bersama dan saling memberikan penjagaan antara pasangan.

Yang mana hal ini membutuhkan persipan mental yang matang, jangan sampai anda menikah namun sama sekali belum menyiapkan mental anda.

Setidaknya persiapkanlah mental anda sebelum menikah, walau pada kenyataannya anda dan pasangan anda akan banyak belajar bersama ketika sudah menikah nanti.


5. Persiapan Fisik


www.123rf.com

www.123rf.com

Sebelum menikah, jangan lupa persiapkan fisik anda.

Maksudnya apa yah ?

Maksudnya adalah persiapkan kesehatan dan kebugaran tubuh anda sebelum menikah, jangan lupa untuk rutin berolah raga, karena tentunya anda ingin memberikan seseuatu yang “spesial” untuk pasangan anda.

Dan jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan anda dengan pasangan anda di dokter, tentunya hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit menular diantara kedua belah pihak.


6. Persiapan Materi.


www.bullionstreet.com

www.bullionstreet.com

Jangan lupa, sebelum menikah persiapkan materi anda, yah sekedarnya saja, tak perlu memiliki materi yang melimpah baru anda akan menikah.

Yang penting cukup, dan ada persiapan untuk memenuhi kebutuhan anda dan pasangan anda sehari-hari.


 7. Persiapan Konsepsional


www.wallpaperhd.pk

www.wallpaperhd.pk

Apa maksudnya ?

Yaitu memahami tentang konsep dan tujuan dari pernikahan.

Pernikahan adalah ajang untuk menambah ibadah dan pahala, bukan hanya sekedar pelampiasan  hawa nafsu, jadi pahami konsepnya terlebih dahulu, sebelum anda melangkah lebih lanjut.


8. Menyeleksi Pasangan


generalcounselflorida.com

generalcounselflorida.com

Ingat yang namanya seleksi berbeda dengan piilih-pilih.

Jika kita ingin menikah, jangan lupa untuk selektif dalam memilih calon pendamping, jangan sampai kita menyesal di kemudian hari, karena sudah menjadi fitrah setiap manusia, hanya ingin menikah satu kali seumur hidupnya.

Oleh karena itu jangan sampai kita salah memilih, yang akibatnya bisa berdampak buruk dalam kehidupan berumah tangga kita di kemudian hari.


9. Meminta Nasihat dari Orang Tua Anda


www.dar-alifta.org

www.dar-alifta.org

Jangan lupa, ketika anda telah mendapatkan pasangan yang anda rasa cocok dengan anda, minta izin dan ridholah kepada kedua orang tua anda.

Karena ridho orang tua berperan penting dalam kebahagiaan rumah tangga kita kelak.


10.Bersiap untuk Menjadi Individu yang Lebih Tegar


www.dar-alifta.org

Pixabay.com

Ketika anda menikah, akan ada banyak hal-hal baru dan permasalahan-permasalahan yang akan dihadapi.

Oleh karena itu, persiapkan diri anda untuk menjadi pribadi dan individu yang lebih tegar dalam menghadapi problem-problem rumah tangga.


11.Sampaikan Harapan dan Cita-cita Kita Kepada Calon Pasangan Sebelum Menikah.


Pixabay.com

Pixabay.com

Sebelum menikah, jangan lupa sampaikan harapan dan cita-cita anda di masa yang akan datang kepada calon anda.

Dengan begitu dia akan mengerti bagaimana dan apa yang harus dia persiapkan untuk mendukung dan memotivasi anda untuk mencapai tujuan dan cita-cita anda.


12.Tidak Terlalu Membebani Diri dan Pasangan Anda dengan Harapan yang Terlalu Tinggi.


www.forbes.com

www.forbes.com

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, karena memang kesempurnaan itu hanyalah milik Allah subhanahu wa Ta’ala  saja.

Oleh karena itu jangan pernah membebani diri anda dan pasangan anda untuk mencapai hal-hal yang terlalu tinggi.

Karena hal ini bisa menimbulkan ketidak nyamanan diantara salah satu pihak.

Jadi tetaplah menjadi pribadi yang memiliki arah dan tujuan yang jelas, namun jauhkan diri anda dari sikap terlalu membebani.


13. Siap Berusaha Mewujudkan Harapan Pasangan.


www.youtube.com

www.youtube.com

Anda dan pasangan anda pasti memiliki harapan dan cita-cita, maka jadilah anda sebagai pasangan yang ideal dan senantiasa memberikan motivasi kepada pasangan anda.

Sehingga pasangan anda akan merasa semakin kuat dan optimis dalam menggapai harapan dan cita-citanya jika anda berada di sebelahnya.

Romantis bukan ???


14. Bersiap untuk Hidup Berdua Saja


hdwallpaperspretty.com

hdwallpaperspretty.com

Apa maksudnya ?

Tinggalkan pengaruh orang tua di dalam kehidupan keluarga anda, karena hal itu dapat mengganggu hubungan pernikahaan anda dengan pasangan anda.

Tetaplah terkadang anda meminta nasehat dan saran dari orang tua, namun sudah saatnya anda dan pasangan anda hidup mandiri berdua saja.

Begitu indah rasanya jika anda dan pasangan anda bisa menyelesaikan semua masalah yang ada tanpa bantuan dari orang luar selain anda berdua.

Tapi perlu diperhatikan, disini saya tidak menyuruh anda untuk tidak bersilaturahmi kepada kedua orang tua anda, tetaplah mengunjungi mereka, bahkan jika bisa sesering mungkin, tetapi cobalah untuk tidak membawa-bawa masalah keluarga anda di hadapan orang tua.


15. Belajar untuk Menjadi Orang yang Lebih Komunikatif.


Pixabay.com

Pixabay.com

Bisa diibaratkan, rumah tangga adalah sebuah kapal yang sedang berlayar di tengah lautan yang lepas.

Yang mana suami diibaratkan sebagai nahkoda, sedang istri adalah awak kapalnya.

Jika kapal ingin selamat sampai tujuan, maka harus terjalin komunikasi yang baik antara nahkoda dengan awak kapal.

Demikian juga dengan kehidupan berumah tangga, jika anda menginginkan kehidupan yang baik dan nyaman di dalam rumah tangga anda, belajarlah untuk berkomunikasi mulai sekarang, sebelum anda melangkah lebih jauh ke jenjang pernikahan.


16. Jangan Pernah Sekalipun Berfikir Akan Bercerai


www.home-designing.com

www.home-designing.com

Anda harus tahu dan paham bahwa ketika anda telah memutuskan untuk menikah dan berkeluarga, pasti akan ada suatu masalah yang akan menimpa kehidupan keluarga anda.

Tetapi satu hal yang harus anda tancapkan kuat di hati anda, “jangan pernah berpikiran untuk bercerai dengan pasangan anda”.

Jika hal ini telah anda tancapkan dan tanamkan di dalam dada anda, maka masalah sebesar apapun, insya Allah akan menjadi kecil dan mudah, karena anda dan pasangan anda benar-benar tulus ingin mempertahankan hubungan cinta diantara kalian berdua.


17. Mempersiapkan Pernikahan dengan Melakukan Perawatan Tubuh.


Pixabay.com

Pixabay.com

Tidak diragukan lagi, bahwa memiliki tubuh yang ideal merupakan salah satu daya tarik yang bisa anda banggakan di hadapan pasangan anda.

Oleh karena itu, tidak ada salahknya jika sebelum menikah anda rutin berolah raga dan membentuk badan anda demi kebahagiaan pasangan anda kelak.


18. Memantapkan Hati Sebelum Acara Pernikahan.


www.playbuzz.com

www.playbuzz.com

Ingatlah yang namanya menikah hanya sekali saja seumur hidup, oleh karena itu sebelum anda menikah, mantapkanlah hati anda terlebih dahulu.

Yakinkanlah diri anda dan mintalah petunjuk kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala bahwa calon anda adalah pasangan terbaik bagi anda.

Yaitu pasangan yang bisa membawa anda bahagia di dunia dan akhirat.


19. Mempelari Adab-adab Seputar Pernikahan


Pixabay.com

Pixabay.com

Ketika anda akan menikah, jangan lupa untuk mempelajari adab-adab seputar pernikahan.

Terutama adab-adab yang berhubungan dengan hak-hak dan kewajiban antara suami dan istri.

Ingatlah, bahwa kehidupan rumah tangga anda dengan pasangan anda bisa rusak dan kandas jika hak-hak diantara kedua pasangan tidak terpenuhi, maka perhatikan hak-hak pasangan anda dan jalankanlah kewajiban anda terhadap pasangan anda.


20. Belajar untuk Bisa Dipercaya dan Percaya


www.playbuzz.com

www.playbuzz.com

Tidak ada pria yang ingin memiliki istri yang tidak dapat dipercaya dan demikian juga sebaliknya.

Setiap manusia pasti ingin mendapatkan kepercayaan dari pasangannya, karena dengan adanya rasa kepercayaan yang diberikan, maka cinta kasih diantara kedua pasangan dapat tumbuh semakin besar.


21. Belajar untuk Membuang Sifat Keras Kepala dan Tidak Mau Berkompromi


lazytechguys.com

lazytechguys.com

 Di dalam kehidupan berumah tangga, pasti akan ada saat dimana anda harus mengalah dengan pasangan anda.

Hal itu memang suatu saat akan terjadi, dan bagaimana sikap kita dalam menanggapinya akan sangat mempengaruhi kehidupan rumah tangga kita.

Jadi berlatihlah mulai hari ini untuk membuang rasa ego dan keras kepala anda, jika memang anda menginginkan sebuah kehidupan rumah tangga yang bahagia di dunia dan akhirat.


22. Belajar Masak dan Kemampuan Mengurus Rumah


www.curriecommunications.com.au

www.curriecommunications.com.au

Kemampuan ini haruslah anda kuasai sebelum anda menikah, khususnya untuk para wanita, karena memang begitulah qodrat seorang wanita.

Namun anda sebagai lelaki, tidak ada salahnya jika anda bisa mengusai kedua hal ini, karena tentunya dengan begitu anda bisa memperingan tugas istri anda nantinya.


23. Belajar Mengatur Finansial


torontogold.com

torontogold.com

Ingatlah kehidupan berkeluarga akan berbeda dengan kehidupan anda ketika masih sendiri.

Jika dahulu anda tidak terbiasa mengatur keuangan anda, maka sebelum menikah anda sudah harus berlatih mengatur dan memanajemen penghasilan anda, agar nantinya keluarga anda tidak terlantar tentunya.


24. Belajar untuk Bisa Menghargai Perbedaan antara Anda dan Pasangan


Pixabay.com

Pixabay.com

Yang namanya rumah tangga itu minimalnya selalu dihuni oleh 2 kepala.

Nah tentunya masing-masing kepala memiliki pemikiran dan caranya sendiri dalam menghadapi setiap masalah yang ada.

Tugas anda saat ini adalah berusaha untuk belajar menerima perbedaan pendapat yang akan anda alami.

Dengan begitu anda dan pasangan anda bisa terus bahagia walau terkadang terdapat perbedaan pendapat.


25. Bagi Wanita, Jangan Terlalu Membebani Mempelai Lelaki dengan Mahar yang Terlalu Tinggi


blog.timez5.com

blog.timez5.com

Bagi seseorang lelaki memberikan mahar adalah suatu kewajiban yang harus ia lakukan jika ia ingin menikahi wanita, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

“Berikanlah mahar (maskawin) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian yang wajib. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari mahar itu dengan senang hati, Maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.” (Qs. An-Nisa’ : 4)

Namun bagi para wanita, ketahuilah, bahwa sebaik-baik wanita adalah ia yang paling murah maharnya,

Dari Aisyah bahwa Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya di antara tanda-tanda berkah perempuan adalah mudah dilamar, murah maharnya, dan murah rahimnya.” (HR. Ahmad).

Anda ingin agar pernikahan anda membawa berkah ???

Perhatikan hadis berikut ini ;

Dari Aisyah bahwa Rasulullah pernah bersabda “Sesungguhnya pernikahan yang paling berkah adalah pernikahan yang bermahar sediki. ” (mukhtashar sunan Abu Daud).

Penulis : Adams Aljawiyu.

Leave a Reply