web log freePanduan Cara Menggunakan Tradingview untuk Pemula - lembahilmu.com

Panduan Cara Menggunakan Tradingview untuk Pemula
0 (0)

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

lembahilmu.com – Trading membutuhkan kecakapan untuk menganalisis pergerakan harga suatu aset memakai analisis teknikal. Tapi, trader pemula kemungkinan kesulitan untuk melakukannya gara-gara tidak begitu mengetahui seluk-beluknya. Lebih-lebih, menghimpun data dan menerjemahkannya ke suatu gambar.

Apa Itu Tradingview?

Trading membutuhkan kecakapan untuk menganalisis pergerakan harga suatu aset memakai analisis teknikal. Tapi, trader pemula kemungkinan kesulitan untuk melakukannya gara-gara tidak begitu mengetahui seluk-beluknya. Lebih-lebih, menghimpun data dan menerjemahkannya ke suatu gambar.

Untungnya, di jaman internet layaknya sekarang, trader bisa memanfaatkan satu tools bernama Tradingview untuk menganalisis harga aset berasal dari sisi teknikal.

hanya saja, bagaimana tools ini bisa digunakan untuk trader pemula?
Nah, jika Sobat Cuan adalah salah satu berasal dari trader yang masih awam, yuk pelajari dasar-dasar Tradingview di artikel ini!

Manfaat Tradingview Untuk Pemula

Saat pertama menjajal global trading, anda barangkali belum berlangganan aplikasi analisis yang “Cetar” layaknya Bloomberg terminal. Bisa saja, trader pemula enggan berlangganan aplikasi itu lantaran sporadis digunakan, susah dipahami, dan mahalnya biaya berlangganan.

Nah, untuk itulah Tradingview hadir. Yakni, untuk beri tambahan akses bagi semua trader untuk lakukan analisis teknikal dengan enteng. Tetapi, sebelum menggunakannya, anda wajib mengerti pernah cara kerjanya supaya tidak terintimidasi dengan rumitnya grafis, tabel dan indikator yang rumit tersebut, bukan?

Sistem layaknya ini biasanya sediakan opsi untuk anda meng-customize chart dan indikator favoritmu. Jika anda belum banyak tau perihal indikator analisis teknikal, anda bisa membacanya terlebih dahulu disini ya, Sobat Cuan.

Panduan Membuka dan Menggunakan Tradingview Bagi Pemula

Cara menggunakannya pun sangat simpel, Sobat Cuan. Pasti saja, anda harus mengunjungi web site Tradingview untuk mulai menggunakannya. Nantinya, anda akan mendarat di tampilan seperti ini:

Setelahnya, anda bisa mengklik tombol “Chart” (Yang berada di kotak berwarna merah) untuk memilih data harga lebih dari satu kelas aset. Di sini, anda bisa memilih data harga saham, imbal hasil obligasi pemerintah As, dan semua kelas aset Pluang layaknya emas, Bitcoin, indeks S&P 500, dan Ethereum, lho!

Nah, anggap saja kami ingin lihat pergerakan harga Bitcoin. Maka, anda bisa memilih opsi Btc/Usdt dan anda pun akan mendarat di tampilan layaknya ini:

Tampilan layar Tradingview bisa berbeda-beda tergantung personalisasi anda sendiri. Tapi, terdapat tampilan layar generik yang harus anda ketahui manfaatnya layaknya yang terdapat di gambar di atas.
Disesuaikan tangkapan layar di atas, terdapat empat toolbar yang bisa anda jelajahi dan manfaatkan. Berikut rincian toolbar berikut!

Toolbar 1

Toolbar ini berisikan tools terkait jenis chart dan gambar yang bisa anda terapkan segera pada tempat grafik. Anda bisa bereksplorasi atau meng-klik kanan untuk opsi tambahan. Di dalamnya, terdapat opsi layaknya garis simpel sampai memasang posisi long atau short. Atau, anda bisa beri tambahan teks di daerah grafik jika anda mau.

Toolbar 2

Di, sini anda memiliki opsi untuk mengubah tampilan chart disesuaikan selera dan kebutuhanmu. Anda bisa memilih candlestick, garis grafik, daerah dan banyak lainnya. Personalisasi akan mendukung chart analisismu lebih ringan digunakan untuk analisis disesuaikan dengan risiko dan indikator yang anda kehendaki.

Tak hanya itu, toolbar ini juga memungkinkanmu untuk membandingkan grafik asetmu dengan aset lainnya. Misalnya, membandingkan harga Bitcoin dengan harga emas atau aset kripto lainnya. Di samping tersebut, anda pun bisa mengubah rentang perdagangan, berasal dari mulai hitungan menit sampai hitungan bulan.

Tak lupa, kamu pun bisa memanfaatkan berbagai preset indikator analisis teknikal dengan mengklik toolbar ini. Misalnya Moving Average dan Relative Strength Index (RSI),

Toolbar 3

Tradingview bukanlah pialang atau broker yang bisa memfasilitasi kamu jual beli instrumen investasi tertentu. Tapi, mereka menyediakan opsi untuk terhubung dengan website pialang favoritmu agar transaksi lebih mudah melalui toolbar ini.

Toolbar 4

Bagian ini berisikan berita perkembangan terbaru dan bersosialisasi dengan komunitasmu. Kamu bisa memperoleh data, daftar dan informasi yang kamu butuhkan disini.

Chart Area

Chart tempat adalah tampilan di mana grafik harga aset ditampilkan. seluruh di daerah ini bisa anda kostumisasi disesuaikan preferensimu. Aset mana yang ingin anda analisis, dengan indikator dan tools apa, sampai display chart pun bisa anda setel disesuaikan yang anda mendambakan.

Anda juga bisa menyetel lagi jika tampilannya telah amat berantakan lho, Sobat Cuan.
Tradingview untuk pemula juga memadai enteng diaplikasikan. Anda bisa memulai tutorial dengan tool di sisi kiri.

Opsi lain yang bisa anda personalisasi adalah informasi grafis berkenaan OHLC (Open, high, low dan close prices), tombol beli dan tombol jual. Box merah tunjukkan harga jual terendah, sedangkan yang biru berisikan harga jual tertinggi. Diantaranya anda besa menonton bid-ask spread.

Anda juga bisa mengubah skala, misalnya anda ingin jelas harga terendah dan tertinggi didalam trading harian.

Seluruh ini bisa anda ubah juga pilihan rona dan lainnya. Kala tren menurun anda pun bisa membacanya melalui personalisasi chart ini.

Sangat penting untuk diperhatikan bahwa setidaknya anda wajib kenakan tiga indikator analisis teknikal secara sejalan untuk menjamin akurasi analisis anda.

Sistem ini terlampau berfungsi terutama untuk anda yang menyukai analisis teknikal atau baru mempelajarinya. Salah satu keistimewaan utamanya adalah anda tidak wajib memasang perangkat tambahan. Anda bisa segera mengaksesnya melalui browser dan personalisasi anda bisa segera membantumu menentukan ketentuan berinvestasi.

Tidak cuman tersebut, sistem ini juga bisa diakses bebas biaya bagi pemula. Pasti saja ada fitur yang bisa anda akses lebih jauh jika anda membayar biaya berlangganan. Namun untuk pemula, opsi yang ditawarkan pun telah tergolong lengkap.

Tidak cuman tersebut Tradingview untuk pemula juga udah bisa dipakai untuk mengatur pengingat tanpa kudu tetap online terhubung aplikasinya. Menjadi, kala peristiwa tertentu anda atur, Tradingview tetap mengirimi anda alert meski anda tengah mengakses aplikasi lain.

Kamu juga bisa mengetes straregi kamu dengan opsi backtesting. Fitur ini sudah termasuk di dalam aplikasi, lho.

Ini adalah poin paling pentingnya, kamu bisa memilih aset mana yang akan kamu perhatikan dengan jelas. Tak hanya mata uang kripto, saham, indeks dan komoditas juga bisa kamu analisis lewat platform ini.

Kelemahan TradingView untuk Pemula

Komunitas yang kamu temui di Tradingview amat beragam. Menarik untuk menyimak strategi dan konsep orang lain dan beberapa tipsnya mungkin berguna. Tapi, kamu harus waspada mengingat tak jarang strategi tersebut tidak lebih dari sekedar spekulasi.

Kalau kamu pengguna platform gratis, layanan konsumen Tradingview mungkin akan jadi persoalan buatmu. Mereka tidak banyak mendukung pengguna gratis, jadi kamu harus beralih jadi pengguna berbayar kalau mau menggunakan fitur ini.

Selain itu kendala seperti terbatasnya broker yang bekerja sama dan data dari pasar modal yang kurang akurat juga kerap dilaporkan pengguna.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Tradingview untuk pemula, kamu bisa mengoptimalkan penggunaan platform ini untuk meningkatkan kemampuan trading kamu ya. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk trading? Yuk, mulai trading dengan aset-aset yang terdapat di Pluang!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *